3 Penyebab Ikan Hias Mati secara Mendadak

3 Penyebab Ikan Hias Mati secara Mendadak

3 Penyebab Ikan Hias Mati secara Mendadak

3 Penyebab Ikan Hias Mati secara Mendadak
3 Penyebab Ikan Hias Mati secara Mendadak

Apakah penyebab ikan hias mati secara mendadak? Bagi para penghobi, ikan hias yang dimilikinya sudah dianggap menyerupai keluarga sendiri. Kita akan merasa senang apabila melihat ikan yang dipelihara tumbuh dengan baik dan dalam kondisi yang sehat.

Begitu pula sebaliknya, jikalau ikan tersebut tiba-tiba mati tanpa mengalami penyakit yang serius, pasti rasanya duka tak terkira. Berikut ini faktor-faktor yang dapat menyebabkan matinya ikan hias Anda secara mendadak :

Penangkapan yang Salah

Ada beberapa penjual yang menangkap seekor ikan hias pribadi dari alam, bukan hasil peternakan. Penangkapan ikan yang salah akan menyebabkan timbulnya luka atau penyakit pada diri ikan tersebut. Penggunaan racun untuk melemaskan sistem syaraf badan ikan pun tidak kalah berbahayanya.

ikan guppy – Agar Anda tidak salah dalam membeli ikan yang liar, cobalah ikan dari penjual yang tepercaya. Anda bisa memperhatikan warna pada badan ikan tersebut, di mana ikan yang bagus memiliki pergerakan yang lincah dan warnanya pun cerah.

Ikan Mengalami Stres

Perubahan lingkungan memaksa ikan harus menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungannya. Bila ikan tersebut tidak bisa untuk menyesuaikan diri jadinya kondisi kesehatan ikan bakal menurun. Ikan pun rentan mengalami stres. Jika kondisi terus dibiarkan, maka besar kemungkinannya ikan yang sudah sangat stres tersebut tiba-tiba akan mati. Faktor penanganan ketika penangkapan dan pengiriman memegang andil yang besar terhadap kondisi mental ikan.

Wabah Penyakit oleh Ikan Baru

Akuarium akan terlihat sangat rupawan apabila dipenuhi oleh ikan hias dari banyak sekali spesies. Tetapi jikalau ikan yang gres saja Anda masukkan ke akuarium telah terjangkit suatu penyakit, ikan tersebut dapat menularkan penyakit yang dideritanya kepada ikan-ikan yang lain. Kalau sudah begini, akuarium yang semula tampak baik-baik saja karena terus dikontrol bisa pribadi menjadi rusak. Kaprikornus biasakanlah melaksanakan karantina terlebih dahulu selama beberapa hari terhadap ikan baru.