ALAT KONFERENSI VIDEO GOOGLE MEET UNTUK MENDAPATKAN TATA LETAK SEPERTI ZOOM, UNTUK DIINTEGRASIKAN DALAM GMAIL
Teknologi

ALAT KONFERENSI VIDEO GOOGLE MEET UNTUK MENDAPATKAN TATA LETAK SEPERTI ZOOM, UNTUK DIINTEGRASIKAN DALAM GMAIL

ALAT KONFERENSI VIDEO GOOGLE MEET UNTUK MENDAPATKAN TATA LETAK SEPERTI ZOOM, UNTUK DIINTEGRASIKAN DALAM GMAIL

 

ALAT KONFERENSI VIDEO GOOGLE MEET UNTUK MENDAPATKAN TATA LETAK SEPERTI ZOOM, UNTUK DIINTEGRASIKAN DALAM GMAIL
ALAT KONFERENSI VIDEO GOOGLE MEET UNTUK MENDAPATKAN TATA LETAK SEPERTI ZOOM, UNTUK DIINTEGRASIKAN DALAM GMAIL

Google akan memungkinkan pengguna bisnis dan pendidikan di Gmail.com untuk secara langsung menerima panggilan pada alat konferensi video Temui mulai Kamis, fitur baru yang ditawarkan ketika unit Alphabet Inc berupaya memanfaatkan keamanan dan masalah lain dengan layanan saingan.
Integrasi Meet with e-mail adalah yang pertama dari beberapa fitur yang diluncurkan lebih awal dari jadwal karena lonjakan permintaan untuk konferensi video, kata wakil presiden Google Javier Soltero kepada Reuters .

Alat konferensi video Google Meet untuk mendapatkan tata letak seperti Zoom, untuk diintegrasikan dalam Gmail
Logo merek Google Alphabet Inc terlihat di luar kantornya di Beijing, Cina, 8 Agustus 2018. Gambar: Reuters.

Meet, yang hanya tersedia untuk sekolah, bisnis, dan pemerintah dan berbeda dari alat Hangouts yang berfokus pada konsumen, telah menambahkan pengguna harian lebih cepat daripada layanan Google lainnya sejak Januari. Jutaan lembaga sekarang mengandalkan Meet karena penguncian yang terkait dengan coronavirus, kata perusahaan itu.

Fungsi lain akan ditambahkan akhir bulan ini, kata Soltero. Meet akan menawarkan tata letak yang menampilkan hingga 16 peserta panggilan sekaligus, mirip dengan opsi populer pada saingan Zoom yang penggunanya telah dibandingkan dengan kotak dalam urutan pembukaan acara TV Amerika Brady Bunch .

Selain itu, Meet akan meningkatkan kualitas video dalam pencahayaan redup dan penyaringan kebisingan latar belakang, seperti klik keyboard dan pintu dibanting.

Soltero menolak untuk menentukan tingkat pertumbuhan pengguna Meet, tetapi mengatakan puncak baru-baru ini

adalah 60 persen lebih banyak pengguna dibandingkan dengan sehari sebelumnya.

Google mengumumkan Kamis lalu bahwa Meet, yang tersedia di browser desktop atau melalui aplikasi seluler, menambah 2 juta pengguna baru per hari dan memiliki lebih dari 100 juta pengguna pendidikan di 150 negara.

Google tidak membebankan biaya kepada pelanggan untuk peningkatan fitur yang terkait dengan Rapat seperti panggilan video besar selama periode enam bulan yang berakhir pada bulan September. Kebijakan tersebut, yang bertujuan memenangkan pelanggan dalam jangka panjang, dapat menambah tekanan pada keuntungan Google pada saat bisnis penjualan iklannya mulai populer.

Pesaing yang menantang
Alat obrolan video dari Microsoft Corp, Zoom Video Communications dan Cisco Systems Inc juga telah melaporkan pertumbuhan rekor sejak kuncian dimulai.

Tetapi beberapa perusahaan dan sekolah kemudian melarang Zoom atas masalah keamanan yang telah ia coba perbaiki, sementara layanan Microsoft dan Cisco dapat lebih menantang bagi pengguna pertama kali untuk memanfaatkan.

Soltero mengatakan Google mendapat manfaat dengan cepat menghadirkan fitur-fitur baru dalam sebulan terakhir.

“Saya telah melihat berkali-kali pelanggan dan prospek datang dari solusi lain yang belum mampu mengimbangi keamanan dan keandalan,” kata Soltero, menunjuk lompatan sekolah-sekolah negeri New York City untuk Bertemu dari Zoom saat sebuah contoh.

Google bulan lalu memberi para pendidik kontrol yang lebih besar atas siapa yang dapat bergabung dengan panggilan, beberapa minggu sebelum Zoom memperkenalkan fitur serupa untuk menghentikan praktik yang dijuluki “Zoombombing” di mana orang asing secara efektif menyusup ke rapat dan kelas untuk mengganggu mereka.

Opsi Temu yang akan datang, Soltero mengatakan kepada Reuters , akan memungkinkan pengguna menampilkan tab tertentu pada peramban Google Chrome mereka, opsi berbagi layar yang lebih terperinci daripada yang diberikan Zoom dan lainnya.

Zoom telah menyalahkan beberapa masalah keamanannya atas penggunaan luas versi gratisnya secara tak terduga.

Google Soltero menggambarkan tidak mengembangkan perlindungan untuk alat gratis sebagai “secara inheren salah.”

Tetapi dia mengakui bahwa Hangouts, layanan konferensi video gratis Google untuk pengguna non-bisnis, tidak

memiliki fitur keamanan dan kontrol pertemuan yang tersedia di Meet. Akibatnya, beberapa orang dalam beberapa minggu terakhir telah menggunakan akun Rapat perusahaan atau sekolah mereka untuk menjadi tuan rumah pertemuan sosial yang tidak bekerja.

Soltero mengatakan Google sedang bekerja untuk merampingkan fitur di seluruh layanan, “sehingga produk yang mereka gunakan di tempat kerja, mereka dapat gunakan di rumah.”

Baca Juga: