Pendidikan

Antara RUPS tahunan dengan RUPS luar biasa

Antara RUPS tahunan dengan RUPS luar biasa

Dalam pasal 78 di bedakan antara RUPS tahunan dan  RUPS lainnya, RUPS tahunan ini dalam praktek biasa di sebut sebagai RUPS biasa dan untuk RUPS lainnya di sebut pula sebagai RUPS luar biasa (RULB). Tetapi yang luar  biasa itu bukan pemegang sahamnya, melainkan adalah  ”rapatnya” .

Perbedaan hanya sekedar pada “acara” ( agenda) dari rapat tersebut. Disebut RUPS Tahunan atau biasa, jika rapat ini untuk membicarakan pertanggung jawaban direksi dan komisaris, kususnya berkaitan dengan neraca untung rugi neraca perusahaan. Disebut  tahunan, karena di selenggarakan setiap tahun paling lambat 6 bulam setelah tahun buku berakhir. Sedangkan di sebut RUPS luar biasa apabila tidak membicarakan hal tersebut. Dan dapat di adakan setiap waktu berdasarkan kebutuhan perseroan.

Apabila penyelenggaraan RUPS tahunan dan RUPS luar biasa secara bersamaan maka disselenggarakan secara dua tahap. Pertama, di selenggarakan RUPS tahunan,nkemudian setelah berakhir lalu rapat di tutup. Kemudian dibuka lagi rapat baru dengan acara RUPS luar biasa.

Ø Hasil keputusan RUPS

Apa yang di bicarakan, apa yang terjadi dan apa yang di putuskan, haruslah di catat. Hal ini di jelaskan dalam pasal 90 ayat 1 2007. Pencatatan itu tidak mutlak oleh seorang notaris. Pencatatan tersebut dapat di lakukan secara non notaris dengan akta di bawah tangan, tetapi dapatpula seca autentik oleh notaris. Menurut pasal 90 ayat 1 uu 2007, jika risalah atau pencatatan di bawah tangan, maka risalah itu di buat dan di tandatangani oleh ketua rapat dan paling sedikit oleh satu orang pemegang saham yang di tunjuk oleh rapat.

Sebaliknya jika di buat oleh notaris yang notarisnya hadir sendiri dalam rapat, maka risalah itu akan dibuat dalam bentuk relaas  akta, yaitu yang biasa di sebut sebagai “berita acara” dan cukup di tanda tangani oleh notaris dan dua saksi pegawai notaris.

sumber :
https://essayagency417.com/2020/06/11/seva-mobil-bekas/