Asas-asas bimbingan dan konseling yang berhubungan dengan individu
Pendidikan

Asas-asas bimbingan dan konseling yang berhubungan dengan individu

Asas-asas bimbingan dan konseling yang berhubungan dengan individu

Asas-asas bimbingan dan konseling yang berhubungan dengan individu

  1. Tiap-tiap individu  mempunyai kebutuhan

Sebagai individu, klien/konseli memiliki berbagai ragam kebutuhan, baik kebutuhan fisik maupun psikis. Pada dasarnya tingkah laku di pandang sebagai usahanya untuk memenuhi  kebutuhan –kebutuhan dimaksud. Tidak berhasil memenuhi kebutuhan akan menimbulkan kekecewaan dan berakibat terbukanyapeluang untuk munculnya berbagi tingkah laku bermasalah. Dalam pelayanan bk, konselor dituntut untuk memahami kebutuhan-kebutuhan klien/konselor terutama kebutuhan psikis. Seperti kasih sayang, memperoleh rasa aman, memperoleh harga diri, dapat diterima dalam kelompoknya, unttuk sukses, untuk mandiri dan sebagainya.

  1. Individu memiliki perbedaan

Masing-masing klien memiliki ciri-ciri khas sebagai karakteristik fisik dan psikisnya yang membedakan mereka satu sama lain. konselor perlu memperhatikan dan mempertimbangkan perbedaan-perbedaan yang ada dalam setiap pelayanan bk.

  1. Individu ingin menjadi dirinya sendiri

Atas dasar perbedaan yang dimiliki masing-masing klien dan asas utama demokrasi, dipastikan bahwa mereka mengharapkan dapat menjadi dirinya sendiri. Harapan itu sesuai dengan karakteristik pribadi dengan dilandasi oleh sifat pembawaannya masing-masing.

  1. Individu memiliki dorongan untuk menjadi matang

Dalam menjalani tahap-tahap perkembangannya klien memiliki dorongan yang kuat menjadi matang, produktif dan mandiri. Kematangan dalam hal ini adalah kematangan psikis, pribadi dan sosial.

  1. Individu memiliki masalah dan memiliki dorongan menyelesaikan masalah

Mungkin hidup yang semakin kompleks menjadi klien berhadapan dengan masalah-masalah kehidupan, tidak jarang ia sampai pada masalah kategori cukup serius dan cukup rumit. Sesuai dengan asas kematangan seperti diatsa, maka tidak diragukan bahwa setiap klien memiliki dorongan yang kuat untuk dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Karena keterbatasan maka tidak setiap saat mereka berhasil melakukannya. Dalam hal inilah konselor membantu mereka dalam upaya menyelesaikan masalah yang dihadapi.


Sumber: https://rajasatour.id/altered-beast-classic-apk/