Bagaimana langganan SaaS membawa skeuomorphism kembali ke desain web
Teknologi

Bagaimana langganan SaaS membawa skeuomorphism kembali ke desain web

Bagaimana langganan SaaS membawa skeuomorphism kembali ke desain web

 

 

Bagaimana langganan SaaS membawa skeuomorphism kembali ke desain web
Bagaimana langganan SaaS membawa skeuomorphism kembali ke desain web
Esai ini awalnya diterbitkan di Capiche ,  sebuah masyarakat rahasia untuk pengguna listrik SaaS, membangun komunitas baru orang-orang yang peduli tentang perangkat lunak untuk membuat industri SaaS lebih transparan, bersama-sama.
Tahukah Anda bahwa kami memiliki konferensi online tentang desain produk yang akan datang? SPRINT akan membahas bagaimana perancang dan pemilik produk dapat tetap terdepan dalam kurva di masa yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Ketika tim yang membangun Wunderlist berangkat untuk membangun sesuatu yang baru, halaman arahannya yang dirancang khusus menarik perhatian semua orang.
Wunderlist sendiri adalah hore terakhir untuk desain skeuomorphic yang dipopulerkan iPhone awal, diluncurkan hanya beberapa tahun sebelum iOS 7 memutuskan desain datar adalah hal besar berikutnya. Dengan catatan seperti kertas, tombol bergelembung, dan foto latar belakang batu bata dan kayu, Wunderlist merasa lebih seperti dunia nyata yang tidak dibatasi oleh silikon dan layar.
Pitch, aplikasi presentasi baru tim mereka, tidak membawa kembali digital feel and paper. Sebagai gantinya, ia memamerkan hal terbaru dalam branding perangkat lunak: 3D, gaya grafis tanah liat yang lebih mirip mainan anak-anak daripada alat digital.
Seni, seringkali, mencerminkan teknologi pada zamannya. Arang di dinding gua. Cast perunggu di tanah liat. Pigmen diresapi perkamen. Surat ditekan.
Demikian juga dengan halaman pendaratan perangkat lunak, di mana bentuk mengikuti fungsi dan mengubah teknologi memungkinkan gaya desain baru. Tetapi siapa yang akan meramalkan peralihan perangkat lunak ke langganan yang mengubah keadaan saat ini?
Apakah ini dunia nyata?
“Ini adalah BBC”  cukup branding untuk beberapa dekade berita radio. Teknologi sederhana, branding sederhana.
Televisi wajib menunjukkan dan memberi tahu, logo identifikasi atau identitas  ketika mereka mulai dikenal. Maka jatuh ke tangan desainer poster era Perang Dunia II  Adam Games untuk memutuskan bagaimana BBC harus “mengidentifikasi dirinya sendiri kepada pemirsa” dengan “sesuatu yang lebih menarik daripada pilihan kartu tes di antara program-program tersebut.”
Terinspirasi oleh teknologi – “Simbol harus bergerak” —dan terbatas. Layar pada waktu itu hanya memperlihatkan 405 garis detail, dan alat animasi sudah puluhan tahun.
Jadi perancang poster bekerja sama dengan pematung untuk membangun model kawat dan kayu, dengan motor dan lampu untuk animasi palsu. Cukup untuk membuat logo sayap kelelawar — identitas bergerak pertama BBC.
Teknologi berjalan terus, dan dengan itu keadaan seni. BBC menyambut TV berwarna hampir dua dekade kemudian dengan bola mata bermotor di dalam kotak cermin, warna ditambahkan selama siaran. Dan pada tahun 1985, teknologi komputer akhirnya cocok dengan ambisi BBC ketika dunia pertama yang diberikan secara digital melanjutkan berita malam.
Dan kemudian desain yang didukung perangkat lunak ada di mana-mana, mengikuti kemajuan yang sama seperti logo BBC dengan desain yang semakin baik karena teknologi memungkinkan.
Gunting dan lem: 1990-an
Teknologi telah memengaruhi desain cetak selama beberapa dekade sebelum komputer pribadi. Desain cetak, pada gilirannya, memengaruhi branding perangkat lunak.
Sebelum Anda dapat memotong foto dan menumbuhkannya di Photoshop, desainer memotong karya seni dari buku tempel dan membuat tata letak halaman secara manual di atas kertas. Mesin Xerox dan kemudian pemindaian digital menduplikasi pekerjaan, tetapi dokumen asli selalu dimulai dengan lapisan kertas.
Pencitraan merek perangkat lunak pada kotak dan disk tiba ketika penempelan masih mutakhir. Kotak Microsoft Windows pertama — dirilis pada tahun yang sama dengan globe digital BBC — lebih dekat ke kolase dengan foto komputer yang dibingkai dengan warna biru. Microsoft Office box art awal menampilkan kotak awal, dengan kotak untuk setiap produk termasuk dengan ikon seni klip digital sendiri.
Datar dan cepat: 2000-2005
Seni kotak berubah lebih cepat. Kotak Office menunjukkan awan (untuk mencocokkan latar belakang ikon Windows 95), foto kantor aktual, dan ikon 3D bergelembung. Adobe meletakkan lukisan dan foto mashup di kotak mereka, perangkat lunak pendidikan termasuk kartun. Dengan desain cetak dan memuat layar, ada beberapa batasan teknologi untuk menahan Anda.
Untuk aplikasi web yang baru lahir, desain datar yang sederhana tidak sebanyak pilihan estetika sebagai suatu keharusan. Ketika rata-rata pengguna Anda memiliki internet dial-up dan peramban seperti Internet Explorer 5 dengan dukungan CSS terbatas, Anda menyederhanakannya.
Dengan demikian desain datar dan berbentuk kotak yang mendominasi aplikasi web awal seperti situs Salesforce pada tahun 2000, MailChimp pada tahun 2002, dan bahkan Wufoo pada tahun 2007. Warna yang kuat, salinan terperinci, dan tata letak berbasis kisi menentukan bahasa awal desain SaaS startup.
Tangkapan layar di mana-mana: 2005-2015
Dalam tradisi besar logo animasi palsu BBC, perancang web menggunakan tata letak gambar terperinci untuk menyiasati keterbatasan web awal. Perusahaan produk seperti Apple membangun situs mereka di sekitar gambar, dengan foto produk dan tipografi terperinci yang disatukan dari irisan Photoshop. Anda tidak dapat menyalin teks, dan situs butuh waktu lebih lama untuk memuat, tetapi batas desain web tidak menahan Anda.
Startup SaaS harus mengambil rute yang lebih lambat. Pelanggan mereka akan memuat halaman arahan mereka setiap hari, dan setiap detik penting. Namun, ketika kecepatan internet meningkat, itu menjadi kurang menjadi masalah, dan tiba-tiba situs-situs yang penuh foto ada di mana-mana.
Basecamp beralih lebih awal dari sebagian besar SaaS ke desain screenshot-berat pada tahun 2005, sebelum startup baru seperti Typeform dan Airtable menempatkan modern mengambil desain satu dekade kemudian. Wunderlist berupaya keras untuk mendesain perangkat lunak — dan membiarkannya berbicara sendiri di halaman arahan. Desain perangkat lunaklah yang penting sekarang; halaman pendaratan berdiri hanya untuk memamerkannya.
Desain samar: 2012-2018
Kemudian datang sentuhan, dengan smartphone dan tablet dan aplikasi digital yang mereka aktifkan. Tablet Wacom telah ada selama beberapa dekade, tetapi iPad memberi semua orang kesempatan untuk mencoba membuat sketsa.
Jadi ketika analis Ben Thompson meluncurkan Stratechery pada 2013, ia menggunakan aplikasi Kertas gambar di iPad untuk mengilustrasikan artikel pertamanya. “Bagi saya, itu adalah perasaan yang sebenarnya tidak saya antisipasi: saya menggambar sesuatu, dan itu tidak payah!” menyampaikan Thompson. Bertahun-tahun kemudian, itu masih bagaimana dia menggambarkan posting blognya.
Gaya ilustrasi sketsa serupa mengambil alih halaman arahan SaaS pada waktu yang bersamaan, didorong oleh aplikasi serupa. Basecamp pada 2012, Airtable pada 2016, dan Dropbox dan Mailchimp pada 2018 menata ulang situs mereka dengan desain sketsa yang lebih organik.
Ada “gelombang besar ilustrasi” yang diminta oleh aplikasi menggambar baru, desainer freelance berbagi,  Valentin Galmand  yang bekerja dengan Lattice, antara lain. “Bagi saya, Procreate yang membuat saya menjadi ilustrator sekarang. Saya adalah seorang desainer dan pengembang Interface sebelumnya, dan ketika agen saya bekerja untuk mendapatkan iPad dan Procreate, sebuah kisah cinta yang panjang dimulai. ”
“Mungkin tidak jauh untuk menganggap bahwa banyak dari ilustrasi ini dilakukan … oleh desainer produk yang juga memiliki bakat ilustrasi sendiri,” duga desainer Koi Vinh dalam esai tentang desain gaya ilustrasi. “Mereka merancang aplikasi dan ketika mereka melakukannya, lebih cepat dan lebih murah untuk membuat mereka membuat ilustrasi juga.”
Desain sketsa lebih mudah dibuat — dan memberi merek lebih banyak kehidupan daripada tangkapan layar saja. Mereka “mengilustrasikan pesan Anda lebih dari foto dan jauh lebih ringan.” Sketsa membuat situs web lebih cepat juga. Layar retina membuat desain foto-berat membutuhkan gambar yang semakin besar, sementara desain sketsa dalam file SVG membuat situs web memuat lebih cepat sementara mungkin memiliki lebih banyak desain yang berdampak daripada tangkapan layar dan foto diizinkan.
Alat sebagai mainan: 2018-2020
Kemudian Pitch muncul pada akhir 2018, dan dengan itu gelombang baru situs startup dengan grafis 3D bergelembung.
“Tidak ada nama resmi untuk itu,” kata Romain Briaux , desainer di balik Specify , Swile , Evolt , dan startup lain dengan desain grafis 3D baru. “Gaya tanah liat” mungkin, atau “mainan plastik.”
Ini sangat kontras dengan apa yang digambarkan Galmand sebagai “ilustrasi SaaS klasik” dengan warna datar, tangkapan layar, dan karya seni sketsa. Desain-desain baru ini tampak seperti berjalan dari set Pixar.
“Situs web pemula agak macet dengan gaya ilustrasi yang sama dan semuanya tampak sama,” kata Briaux. “Grafik 3D membawa sesuatu yang segar dan baru.”
“Tangan 3D bergaya Claymation menyiratkan alat desain kami adalah teman kami,” kata desainer Tobias Van Schneider dalam esai baru – baru ini tentang tren desain. “Lingkaran dan coretan mengatakan aplikasi pembuatan formulir kami ada di sini untuk berpesta. Warna yang redam dan kurangnya sudut tajam menandakan keamanan. Itu mudah didekati. Sangat menawan. Ini Kawaii. “
Realistis, grafik 3D dulunya adalah domain studio, membutuhkan ribuan dolar dalam peralatan dan perangkat lunak. Kemudian, tampaknya dalam semalam, bahkan startup baru dengan anggaran terbatas memiliki karakter animasi yang menjual produk mereka.
Kali ini, dua inovasi mengubah keadaan: Perangkat lunak dan langganan.
Pertama, perangkat lunak. Perubahan terbesar adalah bahwa sebagian besar gambar 3D — Octane, Redshift, dan Blender’s Eevee — sekarang hidup, perubahan yang dimungkinkan oleh kemajuan GPU selama beberapa tahun terakhir.
“Sebelum rendering langsung,” Braiux menjelaskan, “prosesnya membosankan. Bayangkan Anda harus melakukan semua pengaturan untuk pencahayaan, bahan, dll., Lalu tunggu 10 menit untuk melihat bahwa hasilnya tidak seperti yang Anda harapkan. ” Live rendering berarti perangkat lunak desain 3D saat ini membuatnya mudah untuk bereksperimen melalui coba-coba dan mengirimkan sesuatu lebih cepat. “Anda dapat melihat apa yang Anda lakukan tanpa menunggu dan itu mengubah segalanya,” kata Braiux. “Lebih mudah bagi pemula untuk belajar dan mencapai hasil yang bagus.”
Lalu, berlangganan. “Salah satu alasan utama adalah kenyataan bahwa alat desain telah menjadi lebih banyak tersedia,” jelas desainer  10Clouds, Igor Kozak , sesuatu yang membantu penyebaran alat desain tradisional dan 3D. “Berkat berbagai opsi berlangganan, hampir setiap desainer dapat menggunakan Photoshop. Alat-alat lain seperti Cinema 4D lebih mahal, tetapi Anda masih bisa membeli lisensi untuk menggunakannya seharga $ 100 selama sebulan tanpa terikat ”- sesuatu yang berharga $ 3,495 sebelum berlangganan. Bahkan ketika langganan membantu meningkatkan biaya perangkat lunak dari waktu ke waktu , karena Anda dapat membayar lebih dari waktu ke waktu untuk langganan daripada yang akan Anda bayarkan dengan pembelian satu kali, biaya per bulan yang lebih rendah membuatnya jauh lebih mudah untuk menggunakan perangkat lunak untuk proyek waktu terbatas.
Lalu ada alat gratis yang semakin kuat. “Blender gratis, super canggih, telah sepenuhnya didesain ulang dan sekarang UI lebih ‘ramah-desainer,’” jelas Braiux. Dan tahun lalu, Blender mendapatkan mesin rendering langsung, Eevee, yang membuat desain 3D lebih mudah didekati. Desainer dapat mulai secara gratis di Blender, lalu tingkatkan ke alat rendering berlangganan seperti Octane (langganan 19,99 € / bulan hari ini, dibandingkan 299 € sebelumnya) saat keterampilan mereka meningkat.
Berlangganan berarti Anda bahkan tidak memerlukan komputer yang kuat untuk membuat grafik 3D. Sebagai gantinya, Anda dapat menjalankan Blender atau Modo di cloud dengan alat seperti RenderStreet mulai dari $ 3 per jam, atau bahkan menggunakan Pixar’s RenderMan di Google Cloud dari 53 ¢ per jam.
Langganan membuat alat desain canggih dapat diakses oleh semua orang. Dan sekarang, mereka ada di mana-mana. Seperti yang dikatakan Briaux, “Hambatan teknologi hampir hilang dan desainer sekarang memiliki kebebasan untuk membuat lebih mudah.”
“Teknologi terus berkembang,” kata Kozak, “dan sebagai hasilnya, kita sekarang dapat menciptakan sesuatu yang lebih cepat dan pada tingkat kualitas yang lebih tinggi untuk $ 100 daripada yang kita dapat untuk $ 200 beberapa tahun lalu.” Sebagai desainer Sheldon Drake menulis , “Ini perbedaan antara hampir mustahil dan hanya tekan OK.”
Kini sepenuhnya layak bagi pemula untuk menugaskan desain 3D untuk beranda mereka, berkat kombinasi teknologi dan langganan yang lebih baik.

Desain masa depan

Gaya sudah bergabung. Notion dan Airtable mencampur desain sketsa dengan tangkapan layar. Halaman pendaratan Lattice menggabungkan grafik 3D dengan foto; Mixpanel menyatukan tangkapan layar dan elemen material 3D. Sketsa Luc Chaissac dicampur dengan grafik 3D untuk sketsa garis animasi 3D Lattice dan Romain Briaux untuk Firekast yang mengaburkan garis di antara kedua gaya.
“Desain bisa dibandingkan dengan mode, yang bersifat siklus,” kata Igor Kozak. Datar, lalu 3D, lalu sesuatu di tengah, lalu sesuatu yang baru lagi.
Perangkat lunak yang memungkinkan grafis 3D gaya Pitch juga memungkinkan semuanya, mulai dari sketsa animasi hingga model hiper-realistis. Dan bukan hanya alat untuk membuat grafik 3D yang berubah — web juga berubah. Alat-alat seperti Airbnb Lottie menyajikan After Effects secara real-time di browser — tidak ada video atau GIF yang diperlukan. Sketchfab memungkinkan Anda menanamkan model 3D di situs hari ini; besok, ini bisa memberi daya pada halaman arahan yang lebih kreatif.

Ini bukan perangkat lunak yang menahan desain lagi. Kami jauh melampaui kawat dan kayu. Imajinasi adalah

batasnya — dan untuk hari ini, yang tampaknya difokuskan pada perancangan halaman arahan paling grafis yang mungkin.
“Ada pepatah dalam bahasa Rusia: ‘Ketika Anda bertemu seseorang, Anda menghakimi mereka dengan pakaian mereka. Ketika Anda meninggalkan mereka, Anda menghakimi mereka dengan pikiran mereka, ‘”disampaikan 10Clouds’ Igor Kozak.

“Saya pikir jawabannya di sini adalah para startup perlu belajar bagaimana menampilkan diri karena Anda hanya

memiliki satu kesempatan untuk membuat kesan pertama. Ilustrasi yang efektif, bersama dengan pesan yang tepat, akan memberikan pengalaman pengguna yang kuat, membimbing calon pelanggan melalui perjalanan mereka di situs web Anda. “
Mungkin saja karakter animasi yang memandu Anda dalam perjalanan pengguna berikutnya. Clippy akhirnya bisa membalas dendam.