Cara Kompres Video Dengan Kualitas Video Yang Tetap Terjaga

Cara Kompres Video Dengan Kualitas Video Yang Tetap Terjaga

Cara Kompres Video Dengan Kualitas Video Yang Tetap Terjaga

Cara Kompres Video Dengan Kualitas Video Yang Tetap Terjaga
Cara Kompres Video Dengan Kualitas Video Yang Tetap Terjaga

Sebelumnya aku sempat bingung ketika hendak mengupload sebuah video klip ke youtube karena filenya yang cukup besar mencapai 70Mb. Tentu untuk mengupload file sebesar itu pasti butuh waktu yang agak lama tentunya. Lalu aku mencoba googling mencari aplikasi cara kompres video. Ada begitu banyak aplikasi kompres video yang aku temukan namun kualitas gambar video dan suara yang dihasilkan jauh berkurang.

Tutorial Lengkap

Akhirnya aku ketemu juga satu software kompres video yang cukup baik untuk kompres video yang tidak mengurangi kualitas gambar dan juga suara, softwarenya bernama Ashampoo Movie Shrink & Burn. Software ini cukup handal dalam mengkompres file video. Hanya saja, software ini termasuk software berbayar. Kalau kita tidak punya uang untuk membelinya kita hanya bisa menikmati versi trialnya aja. Tapi tenang saja karena ada begitu banyak keygen didunia maya sana yang bisa manfaatkan supaya software Ashampoo Movie Shrink & Burn yang kita miliki bisa menjadi full version.

Mungkin sebagian user ada yang bertanya-tanya kenapa file video harus dikompres? Tujuannya untuk memperkecil ukuran suatu video default, sehingga bisa menghemat ruang media penyimpanan kita. Misalnya kalau kita menyimpan video di flashdisk kita hanya bisa muat sekitar 100 video default, namun kalau videonya dikompress bisa muat sampai 500 video. Atau juga kalau kita hendak mengupload video ke youtube, dengan ukuran file yang kecil tentu saja dapat menghemat waktu kita.

Ashampoo Movie Shrink Interface

Begitu juga dengan saya, saya mengkompres video ini nantinya untuk berbagi video dengan user lain diseluruh dunia dengan menguploadnya ke Youtube. Mungkin Anda juga tertarik ingin mengkompres video Anda? Berikut tutorial cara kompres video dengan kualitas video yang tetap terjaga keasliannya.

Cara Kompres Video

  • Download dulu software kompres video Ashampoo Movie Shrink & Burn
  • Setelah didownload, silahkan instal Ashampoo Movie Shrink & Burn ke komputer kita.
  • Selanjutnya siapkan video anda dengan ekstensi .mpg atau .mpeg, yang hendak di kompres, dan convert video kedalam format mpeg.
  • Sekarang buka aplikasi Ashampoo Movie Shrink & Burn yang sudah diinstal tadi, kemudian pilih menu Internet.
  • Pilih format Youtube kemudian klik Next.
  • Tentukan ukuran file video setelah dikompres nantinya. Misal sebelum video dikompres ukurannya 50MB, dan sekarang kita hendak mau kompres menjadi ukuran file 15MB, maka masukkan angka 15 pada Target Size, setelah itu klik Add.
  • Pilih video yang hendak di kompres dengan mengklik add, lalu klik Next.
  • Selanjutnya tentukan lokasi penyimpanan file hasil kompres, atau biarkan saja secara default, kemudian klik Start. Sekarang proses kompres video akan berjalan dan tunggu hingga proses selesai.
  • Setelah proses selesai, silahkan klik Open destination folder untuk melihat hasil video yang kita kompres tadi.
  • Demikian tutorial cara kompres video dengan kualitas video yang tetap terjaga yang tidak akan mengurangi kualitas video aslinya. Sehingga walau file videonya kecil, namun kualitasnya sama seperti kualitas aslinya.

Sumber: https://www.galerinfo.com/