aplikasi dapodik
Teknologi Umum

Cara Menggunakan Aplikasi Dapodik Untuk Mendapatkan Kuota Gratis Dari Kemendikbud

Cara Menggunakan Aplikasi Dapodik Untuk Mendapatkan Kuota Gratis Dari Kemendikbud

Dalam rangka mendukung program belajar dirumah (Daring) Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) memberikan bantuan kuota gratis untuk belajar yang bisa diterima oleh siswa, mahasiswa, guru dan dosen. Bantuan diberikan dalam bentuk kuota gratis agar dapat digunakan untuk meningkatkan kegiatan belajar melalui jaringan internet (Daring).
Cara mendapatkan bantuan kuota gratis dari Kemendikbud yaitu bagi pelajar yang nomornya sudah terdaftar di dapodik (Data Pendidikan Pokok). Guru atau pihak sekolah akan mendata/mengumpulkan nomor HP masing-masing siswa, setelah nomor dikumpulkan, selanjutnya akan di input ke aplikasi Dapodik (Data Pendidikan Pokok) Kemudian di aplikasi dapodik akan di data kembali untuk mengumpulkan nomor HP sesuai operator untuk memberikan bantuan kuota gratis.
Cara-Menggunakan-Aplikasi-Dapodik-Untuk-Mendapatkan-Kuota-Gratis-Dari-Kemendikbud
Informasi yang admin dapatkan, kuota gratis dari dapodik akan cair bulan september dengan catatan untuk nomor HP yang telah terdaftar. Jika siswa atau pelajar belum mempunyai nomor HP, maka bisa menggunakan nomor HP orang tua untuk didaftarkan. Tidak hanya siswa dan mahasiswa saja yang mendapatkan bantuan kuota gratis dari kemendikbud, mahasiswa dan dosen juga mendapatkan kuota gratis.
Bantuan kuota gratis untuk pelajar berbeda dengan kuota belajar mahasiwa, begitu juga kuota gratis untuk guru dan dosen. Untuk siswa akan dapat kuota gratis dari Kemendikbud dengan total kuota 35GB, Kuota gratis dari kemendikbud untuk guru dengan total kuota 42GB. Sedangkan kuota gratis untuk mahasiswa dan dosen total kuota 50GB.
Dapodik(Data Pendidikan Pokok)merupakan sistem pendataan Skala Nasional yang terpadu, serta merupakan sumber data utama Pendidikan Nasional. Kamu bisa download Aplikasi Dapodik melalui Link berikut ini
“Download Aplikasi Dapodik”
Setelah aplikasi Dapodik berhasil di download, selanjutnya install aplikasi Dapodik. Kamu bisa ikuti langkah-langkah pengisian data dapodik atau cara menggunakan Aplikasi Dapodik berikut ini.

Alur Penggunaan Aplikasi Dapodik

  • Silahkan download aplikasi dapodik versi terbaru yaitu 2021 pada laman dapodik, atau klik link “download Aplikasi dopodik” Silahkan uninstall aplikasi dapodik versi yang lama
  • Registrasi bisa dilakukan secara Offline maupun Online. Lakukan Generate Prefill terlebih dahulu apabila menggunakan registrasi secara Offline
  • Perbarui data sekolah.
  1. Perbarui data sekolahPeriodik(terutama status penerima BOS dan data rekening BOS)
  2. Sanitasi
  • Perbarui Data Peserta Didik
  1. Tarik peserta didik
  2. Peserta didik keluar (Jika ada)
  3. Cetak surat mutasi untuk peserta didik keluar
  4. Periodik peserta didik
  5. Isi lintang dan bujur tempat tinggal <Zonasi>
  • Perbarui data guru dan Tenaga Kependidikan
  1. Tambah atau tarik GTKbaru (Jika ada)
  2. GTK keluar (Jika ada)
  3. Periodik GTK
  4. Cetak penugasan dan tugas tambahan
  5. Cek akun GTK (email dan Password)
  • Perbarui data Sarana dan Prasaran
  1. Periodk sarpras
  2. Tambah atau hapus sarpras
  3. Lengkapi data Prasarana(tanah, bangunan, dan ruang)
  4. Lengkapi isian alat, angkutan dan buku
  5. Cek isian kerusakan Sarpras
  • Pembaruan Data Rombongan Belajar
  1. Siapkan data Rombel
  2. isi data Rombel reguler dan ekskul
  3. Isi data Rombel Teori (kusus lintas minat SMA)
  4. Isi Data Rombel praktik (Kusus SMK)
  5. Isi data Rombel SKS (Kusus sekolah penyelenggara SKS)
  6. Cek kurikulum yang dipilih
  7. Petakan anggota rombel
  8. Isi pembelajaran sesuai pembagian jam terbaru
  • Perbarui Data Jadwal
  1. Siapkan data (Pembagian jam Mengajar)
  2. Petakan jadwal
  • Validasi dan Sinkronisasi
  1. Lakukan validasi disetiap tabel dan isian, pastikan tidak ada data yang invalid
  2. Sinkronisasi dapat dilakukan dengan menggunakan Login Kepala Sekolah. Kemudian cek lembar konfirmasi dan lakukan sinkronisasi

Spesifikasi Komputer/Laptop untuk menginstall Aplikasi Dapodik

Spesifikasi komputer/laptop yang direkomdasikan untuk menginstall aplikasi Dapodik
  • Prosesor Intel Core i3 atau gunakan yang setara
  • Memori Standar gunakan 4GB DDR 3
  • Hard Drive 120GB SSD/500GB HDD
  • Sistem Operasi Windows 10
  • Aplikasi terpasang peramban web seperti Google Chrome, Mozilla Firefox atau opera

Kode Registrasi dan Akun Petugas Pendataan

Sebelum memulai menginstall aplikasi Dapodik versi terbaru yaitu 2021, pastikan sekolah telah mempunyai kode registrasi dan akun yang akan digunakan dalam proses installasi. Kode Registrasi akan diperoleh melalui Admin Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk jenjang PAUD-Dikmas/SD/SMP, serta Admin Dinas Pendidikan untuk jenjang  SLB/SMA/SMK.

Cara Download Aplikasi Dapodik

Aplikasi Dapodik telah tersedia dalam versi  2021 terbaru dan merupakan hasil dari perbaikan dari aplikasi sebelumnya. Agar dapat menginstall aplikasi dapodik, pastikan kamu telah mendownload. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk mengunduh aplikasi Dapodik versi 2021.
  • silahkan buka laman berikut “Download aplikasi Dapodik”
  • Lalu pilih menu “Unduhan” atau untuk mempermudah klik link berikut agar diarahkan lansung ke laman donwload aplikasi dapodik Link download
  • Tunggu hingga aplikasi dapodik selesai di download

Apa Itu Generate Prefill Aplikasi Dapodik

Generate Prefill merupakan tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi pad aplikasi Dapodik secara Offline (dalam bentuk File.prf),  Generate Prefill merupakan data  sekolah hasil sinkronisasi yang terakhir.
Nah itulah yang bisa admin ulas dalam artikel ini tentang cara menggunakna aplikasi dapodik, cara menginstall aplikasi dapodik. Untuk informasi lebih jelas dan lengkap silahkan baca panduan menggunakan aplikasi dapodik berikut ini “Panduan Dapodik”. Banyak maaf jika ada salah kata dalam penulisan artikel yang tidak disengaja.