Dasar pemilihan strategi pembelajaran  
Pendidikan

Dasar pemilihan strategi pembelajaran  

Dasar pemilihan strategi pembelajaran  

Dasar pemilihan strategi pembelajaran  

Beberapa prinsip-prinsip harus digunakan oleh pengajar dalam memilih strategi pembelajaran secara tepat dan akurat. Pertimbangan tersebut harus didasarkan pada penetapan, yaitu:

  1.  Tujuan pembelajaran

Penetapan tujuan pembelajaran merupakan syarat mutlak bagi guru dalam memilih metode yang akan digunakan dalam menyajikan materi pengajaran. Tujuan pembelajaran merupakan sasaran yang hendak dicapai pada akhir pengajaran, serta kemampuan yang harus dimiliki siswa. Sasaran tersebut dapat terwujud dengan menggunakan metode-metode pembelajaran adalah kemampuan-kemampuan (kompetensi) atau keterampilan yang diharapkan dimiliki oleh siswa setelah mereka melakukan proses pembelajaran tertentu. Tujuan pembelajaran dapat menentukan suatu strategi yang harus digunakan guru, misalnya seorang guru olahraga dan kesehatan menetapkan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mendemonstrasikan cara menendan bola dengan baik dan benar. Dalam hal ini, metode yang dapat membantu siswa untuk mencapai tujuan adalah metode ceramah. Guru memberi intruksi, petunjuk, aba-aba dan dilaksanakan dilapangan. Selanjutnya adalah metode demontrasi, dimana siswa mendemontrasikan cara menendang bola dengan baikdan benar. Selain itu, metode pembagian tugas dapat digunakan, dimana siswa kita beri tugas tentang cara menjadi penjagagawang, kapten, gelandangan, dan bagaimana mereka dapat bekerja sama dan menendang bola.

Dalam contoh ini, terdapat kemampuan siswa pada tingkat kognitif dan psikomotorik. Selain itu kemampuan efektif dapat diterapkan. Kemampuan efektif juga mengajarkan tentang cara bekerja sama dalam bermain bola.

Dalam silabus, indikator hasil belajar atau hasil yang diperoleh siswa dirumuskan setelah mereka mengikuti proses pembelajaran. Terdapat empat komponen pokok dalam merumuskan indikator hasil belajar, yaitu:

  1. a)Penentuan subyek belajar untuk menunjukkan sasaran belajar .
  2. b)Kemampuan atau kompetensi yang dapat diukur atau yang dapat ditampilkan melalui performa siswa.
  3. c)Keadaan dan situasi dimana siswa dapat mendemontrasikan performanya.
  4. d)Standart kualitas dan kuantitas hasil belajar.

Berdasarkan indikator dalam penentuan tujuan pembelajaran, dapat dirumuskan tujuan pembelajaran yang unsur-unsurnya antara lain: audience (peserta didik), behavior (perilakuyang harus dimiliki), condition (kondisi dan situasi) dan degree (kualitas dan kuantitas hasil belajar).

sumber :