Diastropisme Beserta Penjelasannya

Diastropisme Beserta Penjelasannya

Diastropisme Beserta Penjelasannya

Diastropisme Beserta Penjelasannya
Diastropisme Beserta Penjelasannya

Diastropismie merupakan

Bagian dari tenaga tektonik selain dari vulkanisme, secara umum pengertian Diastropisme adalah proses pembentukan relief muka bumi oleh tenaga endogen tanpa disertai aktivitas magma. Dalam terjadinya diastropisme memunculkan berbagai akibat-akibat dari diastropisme yang merugikan dan gejala-gejala dari diastropisme.

Jika proses ini meliputi daerah

Yang luas disebut epirogenese dan hasilnya berupa pengangkatan perisai benua (shield). Apa bila proses ini mengenai daerah yang tidak terlalu luas disebut orogenese. Menurut teori tektonik lempeng ( plate tectonic), arus konveksi yang terdapat pada astenosfer merupakan sumber tenaga endogen. Arus tersebut akan menyeret lempeng-lempengan kerak bumi sesuai dengan arahnya masing-masing.

Karena arus konveksi jumlahnya banyak sekali

Lempeng-lempengan kerak bumi akan bergeser dan bertubrukan sehingga akan terselip dan saling menjauh.

Tumbukan (konvergensi) menghasilkan pegunungan lipatan dan pegunungan patahan, sedangkan yang saling menyelipi menghasilkan patahan geser. Tumbukan yang saling menghasilkan celah memanjang tempat keluarnya cairan panas disebut Lava. Bentuk-bentuk yang yang dihasilkan dari proses diastropisme berupa pegunungan lipatan dan pegunungan patahan.

Bentuk-Bentuk Pegunungan Lipatan

1. Jalur Pegunungan Lipatan
2. Dome dan Basin
3. Lipatan Tunjam
4. Lipatan Kompleks

Bentuk-Bentuk Pegunungan Patahan

1. Patahan normal
2. Patahan rebah
3. Sesar geser
4. Horst