Disdik Jabar Laksanakan Rakor OPD

Disdik Jabar Laksanakan Rakor OPD

Disdik Jabar Laksanakan Rakor OPD

 

Disdik Jabar Laksanakan Rakor OPD

KAB. GARUT

Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat Tahun 2018 menyelenggarakan Rapat Koordinasi di Hotel Sumber Alam Resort, jalan Raya Cipanas No.122, Pananjung, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, sejak Rabu hingga Jumat (14-16 Maret 2018). Pembukaan acara dilakukan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Hukum dan Kesejahteraan Setda Jawa Barat, Koesmayadi Tatang Padmadinata.

Forum OPD

Selain itu, Forum OPD tersebut dihadiri oleh Kepala SKPD Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, Sekretaris Disdik Jawa Barat, para pejabat Eselon III dan IV  Disdik Jawa Barat dan Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota. Sekretaris Disdik Jawa Barat, Firman Adam, memberikan paparan mengenai alih kelola SMK dan SMA dari Kab/Kota ke Provinsi Jawa Barat pada tahun 2017.

SMA/SMK dari Kab./Kota ke Provinsi pada tahun 2017

“Sebagaimana diketahui dengan beralihnya pengelolaan SMA/SMK dari Kab./Kota ke Provinsi pada tahun 2017, maka pembangunan pendidikan di Jawa Barat mengalami tantangan yang lebih berat dari tahun-tahun sebelumnya. Terhitung mulai tahun 2017 Provinsi Jawa Barat mengelola 4.702 SMA/SMK/SLB, dengan 97.716 guru, dan 1.746.180 siswa,” ujarnya.

Ada berbagai isu terkait alih kelola ini diantaranya peningkatan aksesibilitas dan daya tampung pendidikan, peningkatan mutu, daya saing, relevansi pendidikan,  peningkatan manajemen, serta  tata kelola pendidikan. Menurutnya, dengan adanya 13 Kantor Cabang Dinas Pendidikan (KCD) dan satu Balai Teknologi Informasi Komunikasi dan Komunikasi Pendidikan (Balai Tikomdik), diharapkan dapat merubah wajah pendidikan di Jawa Barat.

Dengan kegiatan tersebut

Firman mengharapkan adanya koordinasi dan sinergi antara simpul pembangunan sektoral dan simpul pembangunan kewilayahan dalam bidang pendidikan, serta ketepatan sasaran realisasi program pendidikan sesuai prioritas. Selain itu, selarasnya program dan kegiatan OPD dengan stakeholder terkait dan adanya peningkatan mutu pelayanan pendidikan di Jawa Barat.

 

Sumber : https://pendidikan.co.id/