Pendidikan

Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Pembelajran Yang Berorientasi Pada Peserta Didik

Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Pembelajran Yang Berorientasi Pada Peserta Didik

  1. Guru

Guru dalah pelaku pembelajran, sehingga dalam hal ini, guru merupakan faktor yang terpenting dan ditangan gurulah sebenarnya letak keberhasilan pembelajaran. Guru memiliki peran penting sebagi sumber belajar , pemimpin dalam belajar, bertanggung jawab, profesional dalam mengajar agar tercapainya hasil belajar peserta didik sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

  1. Peserta didik

Peserta dididik merupakaan komponen yang melakukan kegiatan belajar untuk menngembangkan potensi kemampuan menjadi nyata untuk mencapai tujuan pembelajran.

  1. Bahan pelajaran

Bahan pelajaran merupakan media untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berupa materi yang tersusun secara sistematis dan dinamis sesuai dengan arah tujuan dan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan tuntutan masyarakat.

  1. Kegiatan pembelajran

Agar tujuan pembelajran dapat dicapai secara optimal, maka dalam menentuka strategi pembelejran perlu dirumuskan komponen kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan standar proses pembelajaran dan kurikulum.

  1. Metode

Metode dalah satu cara yang dipergunakan untuk uncapai tujuan penbalajaran yang telah ditetapkan. Penentuan metode yang akan digunakan oleh guru dalam proses pembelajran akan sangat menentukan berhasil atau tidaknya pembelajaran yang berlangsung.

sumber :