Fungsi Tataniaga Pembiayaan dan Fungsi Pembelian

Fungsi Tataniaga Pembiayaan dan Fungsi Pembelian

Fungsi Tataniaga Pembiayaan dan Fungsi Pembelian

Fungsi Tataniaga Pembiayaan dan Fungsi Pembelian

Pengertian Pembiayaan

Dalam arti sempit, pembiayaan merupakan pendanaan yang dilakukan oleh lembaga pembiayaan seperti bank kepada nasabahnya.

Pembiayaan secara luas berarti financing atau pembelanjaan yaitu pendanaan yang dikeluarkan untuk mendukung investasi yang telah direncanakan, baik dilakukan sendiri maupun dikerjakan oleh orang lain.

Menurut M. Syafi’I Antonio, pembiayaan merupakan salah satu tugas pokok bank yaitu pemberian fasilitas dana untuk memenuhi kebutuhan pihak-pihak yang merupakan deficit unit.

Tujuan pembiayaan :

Mencari dana baik berupa uang kas maupun kredit yang digunakan untuk membiayai usaha-usaha produksi, meningkatkan kesempatan kerja dan kesejahteraan ekonomi .

 

 

Tujuan Fungsi Pembelian  :

Mencari tempat penjual (produsen) atau sumber – sumber penawaran barang guna menjamin kontinuitas persediaan barang baik bagi konsumen maupun pedagang

Sub Fungsi Pembelian

  1. Perencanaan dan pembelian barang ( planning assortment)

         ~> sebelum kita membeli barang, terlebih dahulu kita sudah menetapkan jenisnya, harga barang yang akan diminta maupun yang dibeli. Metamorfosis Dengan melihat kualitas barang di pasaran kita dapat memperkirakan jumlah dan harga barang, sehingga nantinya dapat menguntungkan.

  1. Melakukan kontak (contactual)

         ~> Konsumen atau pedagang akan yang ingin memiliki suatu barang akan melakukan kontak terlebih dahulu kepada penjual. Ini berarti kita harus mencari sumber – sumber penawaran.