Fungsi Tataniaga Penjualan dan Informasi Pasar

Fungsi Tataniaga Penjualan dan Informasi Pasar

Fungsi Tataniaga Penjualan dan Informasi Pasar

 

Fungsi Tataniaga Penjualan dan Informasi Pasar

 

Tujuan penjualan :

untuk mencari pembeli (konsumen dan langganan) suatu barang dengan motif keuntungan yang sebesar2nya.

 

Fungsi Penjualan dapat dbagi manjadi sub fungsi yaitu:

Perancanaan dan pengembangan produk (product planning and development)

Melakukan kontak dengan calon2 pembeli (contactual)

Menciptakan permintaan (demand creation)

Mengadakan pembicaraan2 atau perundingan2 (negotiation),dan membuat kontrak (contractual)

Pada dasarnya pasar dapat diartikan sebagai tempat pertemuan antara penjual dan pembeli.

Tempat dimana kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran saling bertemu untuk membentuk suatu harga.

Fungsi informasi pasar mencakup tindakan-tindakan seperti berikut :

  1. Pengumpulan informasi
  2. Komunikasi
  3. Penafsiran
  4. Pengambilan keputusan

 

Kegiatan mengumpulan informasi

fakta-fakta dan gejala-gejala yang timbul sekitar arus barang di masyarakat secara reguler (tentang harga-harga; Avertebrata jumlah produk pertanian yang diperdagangkan secara luas, dari pasar-pasar pengumpul di pedesaan, pasar-pasar induk dan pasar-pasar eceran, secara tepat)

Proses pengumpulan data awal dapat dilakukan dengan mencari sumber permasalahan yang akan kita amati, kemudian observasi dengan wawancara atau pengumpulan data variabel yang diperlukan.