Umum

GAGAL GINJAL

GAGAL GINJAL

Penyakit Gagal Ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urine. Penyakit gagal ginjal ini dapat menyerang siapa saja yang menderita penyakit serius atau terluka dimana hal itu berdampak langsung pada ginjal itu sendiri. Penyakit gagal ginjal lebih sering dialamai mereka yang berusia dewasa, terlebih pada kaum lanjut usia.

Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal akut adalah sindrom klinis dimana fungsi ginjal yang menurun dengan cepat dalam beberapa hari atau minggu sehingga ginjal tidak lagi mengekskresikan produk limbah metabolisme, biasanya karena hipoperfusi ginjal. Laju filtrasi glomerulus yang menurun dengan cepat menyebabkan azotemia (uremia). kegagalan ginjal yang akut juga dapat disebabkannefritis akut oleh peracunan ginjal,atau yang paling umum,suatu masa ketika tekanan darah sangat rendah Sehingga mengurangi persediaandarah pada ginjal.

Uremia adalah keadaan toksik yang disebabkan gagal ginjal,sehingga adabahan buangan dari ginjal didalam darah. Hal ini terjadi bila fungsi ginjal tidak dapat membuang urea keluar dari tubuh sehingga urea menumpuk dalam darah.

Etiologi  atau penyebab:

Kenaikan produksi urea dalam hati :

  • Diet tinggi protein
  • Meningkatnya pemecahan protein (infeksi, trauma, kanker)
  • Perdarahan pada saluran pencernaan
  • Obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid.

Penurunan pembuangan urea :

  • Menurunnya aliran darah melalui ginjal seperti hipotensi atau tekanan darah rendah dan gagal ginjal.
  • Obstruksi atau gangguan pada aliran kemih.

Gejalanya antara lain :

  • Gejala klinis dapat berupa mual, muntah, kelelahan, anoreksia, penurunan berat badan, kram otot, pruritus dan perubahan status mental.
  • Gejala lain dapat terjadi anemia, asidosis, koagulopati, hiperkalemia, kelainan endokrin dan kelainan jantung.

Terapi

Penatalaksanaan utama adalah dialisis.Terapi ditujukan pada penyebab terjadinya uremia misalnya memberikan preparat besi pada pasien uremia karena anemia defisiensi besi.

Diet rendah protein dianjurkan pada pasien uremia yang dengan gagal ginjal ringan sampai sedang, meskipun hal ini masih kontroversial.Diet rendah protein dapat mengurangi beberapa gejala uremia seperti mual dan muntah.

Obat-obat yang digunakan ditujukan untuk mengobati kelainan metabolik dan elektrolit, seperti anemia, hiperkalemia, hipocalcemia, dan kekurangan zat besi.

Sumber: https://newsinfilm.com/