Hari Lahir Inggit Garnasih Diperingati

Hari Lahir Inggit Garnasih Diperingati

Hari Lahir Inggit Garnasih Diperingati

Hari Lahir Inggit Garnasih Diperingati
Hari Lahir Inggit Garnasih Diperingati

BANDUNG – Tanggal 17 Februari merupakan hari kelahiran Inggit

Garnasih, istri pertama Ir. Soekarno.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar melalui Balai Museum Sribaduga, untuk pertamakalinya mengadakan acara peringatan hari lahir ke-127 Inggit Garnasih, Selasa (17/2), di rumah peninggalan Inggit Garnasih Jl. Inggit Garnasih (Ciateul) No. 8 Bandung, yang kini menjadi museum Inggit Garnasih.

Peringatan diisi dengan diskusi yang menhadirkan pembicara

sejarawahn Unpad Prof. Dr. Nina Lubis, dan Prof Dr. Susanto Zuhdi dari UI. Dalam sambutan pembukaannya, Sekretaris Disparbud Jabar Lia Embasari menuturkan, peringatan hari lahir Inggit Garnasih itu untuk mengenalkan sosok Inggit kepada generasi muda.

“Inggit Garnasih harus dikenal oleh generasi muda terutama generasi muda Sunda, karena beliau sebagai sosok pejuang wanita yang ikut mendorong tercapainya kemerdekaan, bersama suaminya, Soekarno” ujar Lia.

Lia juga menyebutkan, sosok Inggit saat ini kurang diangkat di kancah

nasional sebagai pejuang. Oleh karenanya melalui keghiatan seperti itu, berharap agar sosok Inggit Garnasih bisa dikenal oleh masyarakat luas, tidak hanya di Jawa Barat, tetapi juga Nasional.

“Selama ini kan rasanya kurang diangkat ya, apalagi di kancah Nasional. Padahal bila kita membaca literatur yang ada, Inggit Garnasih ini adalah sosok wanita yang ikut menyemangati Soekarno dan berkorban tenaga, pikiran dan hartanya dalam pergerakan Soekarno dan seama pejuang kala itu” kata Lia.

Kedepan menurutnya, kegiatan akan dikembangkan dengban berbagai lomba dan lain-lain untuk terus mengenalkan sosok Bu Inggit terutama ke generasi muda saat ini dan masa datang. (Pun)

 

Sumber :

http://forums.qrecall.com/user/profile/35640.page