Inilah Macam-macam Umpan Mancing Buatan

Inilah Macam-macam Umpan Mancing Buatan

Inilah Macam-macam Umpan Mancing Buatan

Inilah Macam-macam Umpan Mancing Buatan
Inilah Macam-macam Umpan Mancing Buatan

Selain dibuat oleh pabrik, umpan buatan ini juga bisa dibuat sendiri lho. Bahkan kami pernah memperlihatkan panduan pembuatan metal jig dari sendok di sini. Menariknya, terdapat banyak sekali ragam umpan mancing tiruan yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Kira-kira apa saja ya? Yuk, kita belajari secara bersama-sama!

Flies

Flies ialah umpan yang dibentuk mirip serangga mirip lalat, kupu-kupu, capung, belalang, dan sebagainya. Banyak pula yang berpendapat kalau penamaan flies karena umpan ini bisa terbang di atas air lalu karam lagi, begitu seterusnya. Umpan ini terdiri atas mata pancing/hook dan bulu-bulu yang saling menyatu. Paling cocok jikalau Anda memadukan umpan ini dengan teknik memancing fly fishing.

Froggy

Pasti Anda sudah bisa menebak kalau umpan ini mempunyai bentuk layaknya kodok. Froggy terbuat dari karet, silikon, kayu, atau resin. Umpan ini biasanya dilengkapi dengan mata kail yang terbuka. Selanjutnya umpan tersebut akan dimain-mainkan sedemikian rupa supaya dapat melompat-lompat di atas permukaan air.

Kucir

Umpan kucir ialah umpan yang dilengkapi dengan rumbai-rumbai. Rumbai-rumbai ini ditempelkan di bab atas dan bawah timah/besi pemberat. Konon umpan kucir sangat ampuh digunakan untuk memancing dasaran, khususnya di perairan dengan kedalaman yang terletak pada 10 m di bawah permukaan laut.

ikan hiu megalodon – Selain jenis-jenis di atas, ragam umpan tiruan juga dapat dikelompokkan menurut materi baku, daya apung, dan target ikan yang ingin dipancing.

Bahan Baku

Berdasarkan materi bakunya, ada empat macam umpan mancing buatan antara lain :

  • Logam contohnya metal jig, spoon lure, dan kucir.
  • Karet/silikon biasanya berbentuk ikan, udang, atau cumi-cumi.
  • Nonlogam/nonplastik yaitu kayu, fiber, atau resin yang dibentuk ikan kecil, ikan sarden, atau kodok.
  • Kombinasi antara materi metal, plastik, kayu, dan material lainnya.

Daya Apung

Sedangkan menurut daya apungnya di air, jenis-jenis umpan tiruan yaitu :

  • Floating type/surface lure/top water lure ialah umpan yang berada di permukaan air tujuannya untuk menerima ikan-ikan permukaan.
  • Suspending type ialah umpan yang melayang, berada di tengah-tengah air, serta posisinya setengah terapung dan setengah tenggelam. Umpan ini biasanya dilengkapi dengan pemberat dan pelampung untuk membantu mempertahankan kedudukannya. Jenis lain umpan melayang yakni rapping plug yang dapat berenang secara zig-zag di dalam air. Ada pula subsurface lure yaitu umpan terapung yang otomatis akan sedikit karam ketika ditarik.
  • Sinking type merupakan umpan yang dilengkapi dengan pemberat berbahan logam sehingga cepat sekali karam ke dasar air. Versi lainnya yakni diving lure yang bisa mengembang ketika dibiarkan lalu karam ketika ditarik.

Target Ikan

Anda pun perlu mengetahui jenis-jenis umpan buatan berdasarkan target ikan yang ingin ditangkap, misalnya :

  • Shallow type ialah umpan untuk target ikan yang hidup di perairan dangkal dan akrab dengan permukaan air. Contohnya yaitu minnow floating, froggy, dan lain-lain.
  • Deep type ialah umpan yang dirancang khusus untuk target ikan yang tinggal di kedalaman air. Contohnya yaitu metal jig, kucir, dan sebagainya.