Pendidikan

Jenis-jenis Database

Jenis-jenis Database

Jenis-jenis Database

  • Database Operasional

Menyimpan data terinci yang dibutuhkan untuk mendukung proses bisnis dan operasi dari suatu perusahaan. Database operasional juga disebut sebagai subject area database (SADB), database transaksi (transaction database) dan database produksi (production database).

  • Database Terdistribusi

Dapat bertempat dalam server jaringan di World Wide Web, di intranet dan ekstranet perusahaan, atau dijaringan perusahaan lain. Database terdistribusi dapat berupa kopi dari database operasional atau analitis, database hipermedia atau diskusi atau jenis database lainnya.

  • Database Eksternal

Akses informasi yang kaya dari database eksternal tersedia secara gratis dari berbagai layanan komersial online, dan dengan atau tanpa biaya dari banyak sumber di World Wide Web.

  • Database Hipermedia

Yang terdiri dari berbagai halaman hyperlink dari multimedia (teks, grafik, dan gambar fotografi, klik video, segmen audio dan lain-lain).

Ø  Gudang Data dan Penambangan Data

  • Gudang Data menyimpan berbagai data yang telah diekstraksi dai berbagai database operasional, eksternal dan database lainya dari sebuah organisasi.

Gudang data dapat dibagi kembali menjadi data mart, yang berisi rangkaian kecil data dari gudang data yang berfokus pada aspek-aspek tertentu dari suatu perusahaan, seperti departemen atau sebuah proses bisnis.

  • Penambangan Data adalah Penggunaan utama dari database dalam gudang data. Dalam penambangan data, data disuatu gudang data dianalisis untuk mengungkapkan pola dan tren tersembunyi dalam aktivitas bisnis yang telah lewat.

sumber :

https://aidbnew.org/comix-zone-classic-apk/