Jenis-Jenis Media Belajar

Jenis-Jenis Media Belajar

Jenis-Jenis Media Belajar

Jenis-Jenis Media Belajar
Jenis-Jenis Media Belajar

1. Perceptual Learning

Kemampuan untuk belajar mengenali rangsangan yang telah dipersepsi sebelumnya. Fungsi utamanya adalah kemampuan untuk mengidentifikasi obyek dan situasi yang ada. Perceptual learning diperoleh terutama dengan perubahan di sensory association cortex. Belajar rangsangan ini dapat diperoleh melalui komponen subcortical dari system sensoris.

2. Stimulus Response Learning

kemampuan belajar melaukan perilaku tertentu jika diberikan rangsangan tertentu. Stimulus Response Learning dibagi atas dua kategori, yaitu classical conditioning dan instrumental conditioning. Classical conditioning adalah bentuk dimana rangsang tidak penting menjadi penting, melibatkan penggabungan dua rangsangan.
Instrumental Conditioning (operant conditioning), sebuah prosedur belajar dimana efek dari perilaku tertentu dalam situasi tertentu dapat menungkatkan atau menurunkan kemungkinan perilaku. Perilaku diikuti oleh konsekwensi yang mengenakkan, maka perilaku tersebut cenderung terjadi lebih sering, bila diikuti oleh konsekwensi yang tidak mengenakkan, maka perilaku cenderung lebih jarang muncul.

3. Motor Learning

merupakan komponen dari stimulus response learning, secara sederhana, motor learning adalah pembentukan perubahan dalam system motorik, tetapi faktanya motor learning tidak akan terjadi tanpa adanya panduan sensoris dari lingkungan. Gerak paling terampilpun melibatkan dengan obyek. Bahkan gerak terampil tanpa alat melibatkan umpan balik dari sendi,otot, dan sebagainya. Makin baru prilakunya, makin banyak sirkuit saraf di system motorik yang perlu dimodifikasi.