Jenis Jenis Membaca Intensif dan Cara Membacanya

Jenis Jenis Membaca Intensif dan Cara Membacanya

Jenis Jenis Membaca Intensif dan Cara Membacanya

Jenis Jenis Membaca Intensif dan Cara Membacanya
Jenis Jenis Membaca Intensif dan Cara Membacanya

Berikut ini jenis-jenis membaca intensif, diantaranya:

Membaca Teliti

Membaca teliti bertujuan untuk memahami secara detail gagasan yang ada pada terks bacaan dan untuk melihat organisasi penulisan atau pendekatan yang dipakai oleh penulis. Dengan cara membaca ini, pembaca selain dituntut bisa mengenal dan mengaitkan antar gagasan yang ada, baik yang ada pada kalimat maupun pada setiap paragraf.

Membaca Pemahaman

Menurut Tarigan (1986:56), Membaca Pemahaman ialah jenis membaca yang bertujuan untuk memahami standar atau norma kesastraan, resensi kritis, drama tulis, serta tumpuan fiksi.

Membaca Kritis

Membaca kritis ialah jenis membaca yang dilakukan secara bijaksana, penuh tenggang hati, mendalam, evaluatif, analisis dan bukan hanya mencari kesalahan.

Membaca Ide

Membaca inspirasi ialah jenis acara membaca yang bertujuan untuk mencari, mendapat dan memanfaatkan inspirasi yang ada dalam bacaan. Menurut Tarigan (1986:56), membaca inspirasi ialah acara membaca yang bertujuan untuk mencari balasan atau pertanyaan berikut ini dalam suatu bacaan

Mengapa hal itu merupakan judul atau topik yang baik?
Masalah apa saja yang dikupas atau dibentangkan dalam bacaan tersebut?
Hal apa yang dipelajari dan yang dilakukan oleh sang tokoh.?

Membaca Bahasa Asing

Membaca bahasa absurd pada tatanan yang lebih rendah umumnya bertujuan untuk memperbesar daya kata dan untuk menyebarkan kosakata, dalam tatanan yang lebih luas tentu saja bertujuan untuk mencapai kefasihan.

Membaca Sastra

Membaca sastra ialah acara membaca karya sastra, baik yang bekerjasama dengan kepentingan apresiasi ataupun bekerjasama dengan kepentingan studi dan kepentingan pengkajian.

Cara Membaca Intensif

Dalam menyimpulkan warta atau perihal yang layak dijadikan sebagai materi diskusi dari sebuah teks, kalian perlu melaksanakan hal-hal dberikut ini, diantaranya:
Membaca dengan jeli sehingga bisa menentukan hal yang paling menarik dari hal yang lain. Sebaiknya, bila kalian menemukan pokok pikiran yang ada kemudian menentukan yang paling layak untuk dijadikan sebagai materi diskusi.
Mempertimbangkan kemampuan diri dan kemampuan teman diskusi berkenaan dengan kemampuan diri menguasai atau memahami perihal yang akan kalian diskusikan. Jangan hingga kalian menentukan diskusi yang menarik namun kalian sendiri tidak memahami problem tersebut. Mempertimbangkan referensi yang dimiliki oleh penerima diskusi terkait perihal yang akan didiskusikan.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/06/unsur-unsur-seni-rupa-dan-penjelasannya.html