Teknologi

Kalau mau cari Nemo, robot ikan SoFi bisa membantu

Kalau mau cari Nemo, robot ikan SoFi bisa membantu

Kalau mau cari Nemo, robot ikan SoFi bisa membantu

Ketika menjelajahi lingkungan laut, gerak robot-robot bawah laut cenderung ceroboh, mengganggu kehidupan laut dengan propulsi besar dan mengganggu.

Namun kemudian masuk SoFi, robot ikan kecil yang ringan dan tangkas dengan pembawaan halus.

Para ilmuwan mengatakan pada Rabu mereka membuat robot dengan pengendali jarak jauh yang bisa berenang dengan tenang melalui terumbu karang dan kawanan ikan dan menggunakan lensa fisheye untuk menangkap foto dan video dengan resolusi tinggi dengan kamera pada hidungnya.

SoFi bisa berenang ke depan, bergerak ke atas dan bawah, berbalik dan mengubah kecepatan

, menggerakkan diri dengan goyangan ekor yang mirip dengan ekor ikan sungguhan, gerakan yang terjadi karena pemompaan air dengan satu motor kecil ke dua ruang ekor serupa balon.

Robot ikan yang dibangun dengan rancangan ikan generik itu berwarna putih, beratnya kurang dari 1,6 kilogram dan panjangnya sekitar 47 sentimeter.

“Otot artifisial halus” pada ekor SoFi dibuat dari silicone elastomer, satu tipe karet. Hidungnya merupakan rumah bagi elemen-elemen elektronik. Di kedua sisinya ada sirip untuk bermanuver.

“Saya memilih SoFi, yang diucapkan seperti Sophie, sebagai nama bukan hanya

karena itu merupakan singkatan dari kata Soft Fish, namun juga mengingatkan saya pada anak perempuan yang sangat saya suka, dan taksir saat SMA,” kata penulis utama hasil studi itu, Robert Katzschmann, peneliti robotik dan kandidat PhD di Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory (CSAIL), Massachusetts Institute of Technology (MIT).

“Namanya merdu seperti cara robot meluncur dan bergerak mulus di air

,” tambah ahli robotik Daniela Rus, direktur CSAIL.

SoFi dioperasikan menggunakan pengendali antiair Super Nintendo oleh seorang penyelam yang berada hampir 21 meter jauhnya.

 

Baca Juga :