Ketua Komite di 4 Sekolah Dijabat Satu Orang Lebih dari Satu Periode
Pendidikan

Ketua Komite di 4 Sekolah Dijabat Satu Orang Lebih dari Satu Periode

Ketua Komite di 4 Sekolah Dijabat Satu Orang Lebih dari Satu Periode

Ketua Komite di 4 Sekolah Dijabat Satu Orang Lebih dari Satu Periode
Ketua Komite di 4 Sekolah Dijabat Satu Orang Lebih dari Satu Periode

Empat sekolah di Desa Sidawangi, Kabupaten Cerobon, diketuai satu orang komite

yang telah menjabat lebih dari satu periode. Aturan mengenai Komite Sekolah telah diatur dalam Permendikbud No. 75 Tahun 2016 yakni pasal 6 dan pasal 8.

Sumber Reaksi menjelaskan, pasal 6 ayat 4 berbunyi : Ketua Komite Sekolah diutamakan berasal dari unsur orang tua/ wali siswa aktif, sedangkan pasal 8 ayat 1 berbunyi : Masa jabatan keanggotaan Komite Sekolah paling lama 3 (tiga) tahun dan dapat dipilih kembali untuk 1 (satu) kali masa jabatan.

“Dari ketentuan pasal itu dapat disimpulkan bahwa untuk menjadi keanggotaan komite sekolah harus orang tua yang memiliki putra/putrinya masih aktif bersekolah di sekolah tersebut dan masa jabatan keanggotaan komite sekolah maksimal dua periode,” katanya.

Kepala SDN 1 Sidawangi bernama N. Arti Karyati MPdI ketika bertemu media,

Selasa (16/7/19) mengatakan, ketua komite di sekolah itu sama dengan ketua komite di SDN 2 Sidawangi,  yang bernama pak Enjo Suharjo.

“Beliau seorang pensiunan Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon dan sudah lama menjabat sebagai Ketua Komite di sekolah kami. Selain menjabat Ketua Komite di SDN 1 dan 2 Sidawangi, pak Enjo juga menjabat ketua komite sekolah di Taman Kanak -Kanak (TK)  Perintis Wangi, dan ketua komite di Madrasah Al-Hidayah yang semuanya berada di wilayah desa Sidawangi, ” kata Arti  Karyati.

Meski demikian, menurut Arti Karyati, Enjo selama menjabat di sekolah itu banyak menyumbangkan ide-ide positif, demi kemajuan dan prestasi sekolah, khususnya di SDN 1 Sidawangi.

“Karena jarak rumah pak Enjo ke sekolah sangat dekat, pak Enjo

terkadang sering mengontrol sekolah baik di hari libur maupun di malam hari, dan terkadang ketika melihat lampu listrik di sekolah menjelang malam belum dinyalakan, pak Enjo selalu menelepon saya atau ke salah satu guru untuk menyalakan lampu listrik, ” kata Arti Karyati.

Arti Aryati menambahkan, atas pengabdiannya yang tulus itu, sampai sekarang Enjo tetap dipertahankan untuk menjadi ketua komite. “Walaupun pak Enjo sendiri mungkin ingin sekali secara legowo untuk pensiun dari jabatannya sebagai ketua komite,” kata Arti Aryati.

Hal senada dibenarkan salah satu guru di sekolah SDN 2 Sidawangi. Menurutnya, mungkin tidak ada lagi yang mau untuk menggantikan posisinya, sehingga terpaksa Enjo tetap bertahan menjadi ketua komite sekolah hingga batas waktu yang entah sampai kapan.

Sementara itu, Enjo Suharjo (63), saat ditemui media di kediamannya menjelaskan, ia menjabat ketua komite sekokah sudah 15 tahun dan memang benar apa yang dikatakan salah satu kepala sekolah dan salah satu guru tersebut.

 

Sumber :

https://www.belajarbahasainggrisku.id/