Pendidikan

 Kritis dan Analitis

 Kritis dan Analitis

Ciri pemikiran fisafat lainnya yang juga ikut mempengaruhi pemikiran para penggiat informatika adalah berfikir kritis dan analitis. Dalam menjalankan perannya, para ahli di bidang Informatika selalu dituntut untuk terus berfikir kritis dan analitis. Karena dalam membuat sebuah system, diperlukan analisa yang mendalam terhadap kebutuhan pasar. Sedangkan diperlukan pemikiran yang kritis jika terjadi masalah terhadap system yang akan atau sedang direkayasa.

  1. Sistematis dan Prosedural

Sistematis dan proseduran adalah ciri pemikiran filsafat yang juga diperlukan di dunia Informatika. Dikatakan demikian karena bahasa pemrograman yang ada semuanya bersifat sistematis dan berjalan sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh programer. Karena bahasa yang ada bersifat demikian, maka berfikir sistematis dan prosedural merupakan hal wajib bagi seorang programer.

  1. Logis dan Konsisten

Pemikiran filsafat yang logis dan konsisten, tidak mengenal kontradiksi juga dipakai dalam dunia Informatika. Bahasa pemrograman yang ada saat ini adalah bahasa yang penuh dengan permainan logika. Percabangan, pengulangan, pengkondisian, pemanggilan prosedur serta beberapa hal lain dalam bahasa pemrograman adalah sesuatu yang membutuhkan pemikiran logis.

Konsistensi sangat diperhatikan dalam pembuatan software. Jika terjadi ketidak konsistenan atau terdapat kontradiksi dalam sebuah system, maka system tersebut tidak akan bisa berjalan atau tidak akan bisa bekerja dengan baik.

  1. Konseptual

Filsafat dikatakan konseptual karena filsafat tidak pernah mempelajari materi secara langsung, namun cenderung memahami tentang konsep, atau hakekat dari sesuatu itu. Hal ini tampak serupa dengan study informatika. Kebanyakan yang dipelajari oleh seorang programer hanyalah sebuah konsep, sebuah system maya yang tidak berwujud. Ketika mempelajari system maya ini, tentunya programer hanya mempelajari konsep dari system tersebut. Karena system tersebut pada hakekatnya memang hanya sebuah konsep.

sumber :
https://www.ayoksinau.com/seva-mobil-bekas/