LEVEL DALAM MANAJEMEN PEMASARAN
Pendidikan

LEVEL DALAM MANAJEMEN PEMASARAN

LEVEL DALAM MANAJEMEN PEMASARAN

LEVEL DALAM MANAJEMEN PEMASARAN

Dalam setiap manajemen diterapkan level ilmu marketing

Level tersebut merupakan struktur dari manajemen khususnya pada manajemen pemasaran sendiri. Setiap jenjang level manajemen bidang pemasaran memegang peran penting masing-masing. Terdapat tiga jenjang dalam suatu manajemen diantaranya manajemen puncak, manajemen menengah, dan manajemen pelaksana.

Tingkatan tertinggi dari suatu manajemen ialah manajemen puncak yang biasanya dilakukan oleh dewan utama dan dewan direksi perusahaan. Tugas dewan tersebut yakni membuat keputusan penting akan kinerja perusahaan yang dipimpinnya. Sebab, rapat dari dewan direksi dan dewan utama menentukan keberlangsungan hidup perusahaan.

Disamping itu, manajemen puncak berperan untuk menetapkan suatu kebijakan operasional. Kemudian, membuat interaksi antar eksternal organisasi maupun internal berjalan dengan lancar. Manajemen puncak ini harus didukung dengan sumber daya manusia yang berkomitmen menjalankan tugasnya.

Terdapat pula manajemen menengah yang bertugas memimpin bagian internal perusahaan. Orang-orang yang berada di garis manajemen menengah ini bertanggung jawab atas divisi yang dipimpinnya. Oleh sebab itu, manajemen menengah diisi dengan kepala divisi sebagai pemimpin dan menjadi penghubung dengan divisi lainnya.

Manajemen menengah juga bertugas mendukung perkembangan perusahaan dalam kegiatan yang diadakan maupun sedang direncanakan. Sehingga manajemen level ini membantu perusahaan untu menyukseskan programnya dan mencapai target yang telah ditetapkan.

Tingkatan yang tidak kalah penting yaitu manajemen pelaksana berada pada posisi awal. Manajemen tersebut sangat dibutuhkan untuk melaksanakan berbagai kegiatan atau program dari perusahaan. Disamping itu, manajemen pelaksana juga diharuskan mengawasi jalannya kegiatan perusahaan. Level manajemen tersebut bekerja dengan arahan manajemen menengah dan manajemen puncak.


Baca Juga :