Peternak

manfaat Keong mas untuk pakan bebek petelur

manfaat Keong mas untuk pakan bebek petelur

peternakan bebek yang kian hari terus meningkat, membuat para peternak mencari solusi agar dapat menciptakan bahan campuran pakan untuk bebek yang berkualitas tentu saja dengan kandungan gizi yang optimal dan biaya yang miring. salah satunya dengan memanfaat kan keong mas yang tentu saja banyak didapatkan di seluruh daerah diindonesia.

keong mas adalah salah satu bahan campuran pakan yang sangat ampuh menurut saya, karena keong mas memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi selain itu keong mas juga sedikit miring harganya khususnya untuk para peternak bebek petelur yang berada dipinggiran persawahan.
saya pernah mencoba sendiri keong mas sebagai bahan campuran pakan bebek petelur dan hasilnya memang sangat memuaskan bebek nya bertelur tidak kalah dengan bebek yang diberikan pakan bebek petelur yang berasal dari pakan bebek dari pabrikan.
Tentu saja hal tersebut mengundang rasa penasaran akan hal tersebut. mengapa keong mas sangat baik untuk dijadikan pakan bebek petelur. setelah saya mencari dari berbagai sumber saya mendapatkan bahwa dalam keong mas itu terkandung nutrisi yang sangat baik untuk dijadikan bahan campuran pakan bebek petelur.
kandungan nutrisi 100 gram keong mas meliputi energi atau kalori sebesar 64 kkal, protein 12 gram, karbohidrat 2 gram, lemak 1 gram, kalsium 217 miligram, fosfor 78 miliram dan zat besi 2 miligram. wah lumayan ya kandungan nya kawan – kawan peternak sekalian.. namun itu kan kandungan nya dalam bentuk keong mas utuh, sekarang kita lihat kandungan Tepung dari keong mas, karena kalau sudah jadi tepung lebih mudah untuk dicampurkan dengan bahan pakan bebek petelur yang lainnya. berikut kandungan tepung keong mas antara lain : protein kasar 51,8%, lemak kasar 13,61%, serat kasar 6,09%, kadar abu 24% dan energi metabolisme :2094,98 kal/kg. “sumber : Lab ilmu nutrisi dan pakan ternak USU (2007) dalam tarigan (2008)”
Waduh Mantap banget kan kandungan nya buat dijadikan bahan campuran pakan ternak bebek petelur tinggal di campur bahan yang lain biar modal produksi nya juga dapat ditekan dan juga dapat mencukupi kebutuhan ternak bebek petelur karena kalau semuanya tepung keong mas waduh kayak nya gak cukup tuh keong yang ada disawah. lagian juga biayanya juga pasti gak jauh beda sama pakan pabrikan kalau tidak dicampur.

ADAPUN MANFAAT DARI KEONG MAS

– membesarkan diameter telur
– meningkatkan kualitas telur
– membuat bebek makin rajin bertelur
– mempercepat pertumbuhan untuk anakan bebek petelur