Metode dan Media Promosi Kesehatan
Pendidikan

Metode dan Media Promosi Kesehatan

Metode dan Media Promosi KesehatanMetode dan Media Promosi Kesehatan

  1. Metode promosi kesehatan

Promosi atau pendidikan kesehatan pada hakekatnya adalah suatu kegiatan atau usaha menyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat, kelompok atau individu. Ada beberapa metode dalam promosi kesehatan diantaranya, adalah:

  • Metode Promosi Individual (perorangan)

Dalam promosi kesehatan, metode yang bersifat individual igunakan untuk membina perilaku baru atau membina seseorang yang telah tertarik kepada suatu perubahan perilaku atau invasi.

  • Metodi Promosi Kelompok

Dalam memilih metode promosi kelompok, harus mengingat besarnya kelompok sasaran serta tingkat pendidikan formal dari sasaran. Untuk kelompok yang besar, metodenya akan beda dengan kelompok kecil.

  • Metode Promosi Kesehatan Massa

Digunakan untuk mengomunikasikan pesan-pesan kesehatan yang ditunjukan kepada masyarakat yang sifatnya massa atau publik.

  1. Media Promosi Kesehatan

Media promosi kesehatan adalah semua sarana atau upaya untuk menampilakan pesan atau informasi yang ingin disampaikan oleh komunikator, baik itu melalui media cetak, elektronika dan media luar ruang, sehingga sasaran dapat meningkat pengetahuannya yang akhirnya diharapkan dapat berubah perilakunya ke arah positif terhadap kesehatan.

                  Penggolongan media promosi kesehatan.

  • Berdasarkan bentuk umum penggunaannya
  • Berdasarkan cara reproduksi

Sumber :

https://promo-honda.id/