Mineral (Jenis, Fungsi, Sumber Makanan)

Mineral (Jenis, Fungsi, Sumber Makanan)

Mineral (Jenis, Fungsi, Sumber Makanan)

Mineral (Jenis, Fungsi, Sumber Makanan)
Mineral (Jenis, Fungsi, Sumber Makanan)

Mineral adalah substansi anorganik yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit untuk banyak sekali fungsi tubuh. Berbeda dengan vitamin yang merupakan senyawa yang terdiri dari banyak unsur (misalnya, karbon, oksigen, dan hidrogen), mineral ialah unsur kimia individu. Mereka tidak sanggup rusak atau terdegradasi. Kandungan mineral dari kuliner adakala disebut “abu” sebab mineral merupakan produk yang tersisa sehabis seluruh kuliner telah dihancurkan pada suhu tinggi atau didegradasi materi kimia. Pada manusia, mineral membentuk sekitar 4% dari berat tubuh orang dewasa.

substansi anorganik yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit untuk banyak sekali f Mineral (Jenis, Fungsi, Sumber Makanan)
Berikut jenis-jenis mineral yang diharapkan oleh tubuh beserta sumber mineral dari makanan, dan fungsinya :

1. Kalsium (Ca)

Sumber : Susu, telur dan buah-buahan.
Fungsi : Pembentukan tulang dan gigi

2. Fosfor (P)

Sumber : Daging, ikan dan telur
Fungsi : Pembentukan tulang dan gigi serta mengatur keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.

3. Besi (Fe)

Sumber : Susu, hati, kuning telur dan sayur-sayuran yang berwarna hijau.
Fungsi : Pembentukan hemoglobin dalam darah.

4. Fluorin (F)

Sumber : Kuning telur, susu dan otak
Fungsi : Memperkuat gigi

5. Iodin (I)

Sumber : Garam dapur
Fungsi : Membentuk hormone tiroksin.

6. Natrium (Na)

Sumber : Ikan, pisang, kentang dan sayuran hijau
Fungsi : Mengatur kelancaran kerja otot, terutama otot jantung dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

7. Klorin (Cl)

Sumber : Garam dapur, keju dan sayuran hijau
Fungsi : Membentuk asam lambung(HCL) dan memelihara keseimbagan cairan dalam tubuh

8. Kalium (K)

Sumber : Kacang-kacangan. Hati, ikan dan kerang.
Fungsi : Mempengaruhi kerja otot jantung, mengatur tekanan osmosis dalam sel dan membantu mengantarkan impuls saraf.

9. Tembaga (Cu)

Sumber : Kerang, Biji wijen, Kacang mete, Kedelai, Jamur shiitake, Biji bunga matahari, Tempe, Kacang polong, Kacang merah, Kacang Lima dan kacang walnut, Buah kering ibarat raisin dan buah prune kering, Alpukat, Keju (terutama keju dari susu kambing)
Fungsi : Membantu pembentukan hemoglobin

10. Magnesium (Mg)

Sumber : Biji-bijian, sayuran hijau, ikan, kedelai, alpukat
Fungsi : Mendukung struktur tulang, hati, menjaga keseimbangan alkalin tubuh.

Baca Juga: