Fashion

Nilai uang menurut waktu penerimaan (Time Value of Money)

Nilai uang menurut waktu penerimaan (Time Value of Money)

Ivestasi adalah menanamkan uang sekarang untuk mendapatkan keuntungan dimasa yang akan datang. Atau investasi adalah menunda konsumsi sekarang (mengorbankan kesempatan konsumsi saat ini) untuk mendapatk  dan balas jasa (return) dimasa yang akan datang. Seorang yang melakukan investasi, berarti mengorbankan yang sudah past (kesempatan konsumsi sekarang) untuk sesuatu yang belum pasti (keuntungan dimasa yang akan datang). Kesediaan untuk berkorban ini wajar mendapat balasan, berupa balas jasa pengorbanan yang diukur dengan balas jasa modal yang dikorbankan atau lebih dikenal dengan tingkat bunga (interest atau i) yang wajar.

Besarnya pengorbanan untuk investasi yang dilakukan investor adalah sebesar nilai saat ini, atau disebut dengan istilah nilai sekarang atau present value (PV). Sedangkan besarnya keuntungan yang diharapkan adalah nilai dimasa yang akan datang atau future value (FV). Kedua nilai tersebut (PV dan FV) dibedakan oleh dua hal, yaitu tingkat bunga yang wajar sebagai balas jasa pengorbanan (interest, i) dan waktu dan jarak antara waktu sekarang dengan masa yang akan datang, dinotasikan dengan n.

  1. FV = PV (1+i)

Perhitungan balas jasa dihitung suatu kali dalam setahun

Dimana : i = Balas jasa modal (tingkat bunga yang berlaku)

n : Waktu (tahun).

Contoh 1:                                

  1. Bila pak Brando menyimpan (mendepositokan) uangnya senilai Rp100.000.000,00 pada Bank Brandon dengan tingkat bunga 12% per tahun, maka PV = Rp100 juta dengan FV = 100 + (1 + 0,12) = Rp112 juta
  2. Bila pak Brando akan menerima uang senilai Rp112.000.000,00 tahun depan (FV), dengan menggunakan tingkat bunga yang berlaku (12%), maka nilai sekarang (PV) dari uang tersebut adalah: PV = (FV)/91+0,12) = Rp100 juta. Bila balas jasa pengorbanan (tingkat bunga) dihitung lebih dari sekali, misalnya m kali dalam setahun, maka rumusan antara PV dan FV, menjadi:
  3. FV = PV (1 + i/m)nm atau
  4. FV = PV (1 + re)n atau
  5. re = (1+ i/m)m – 1

Keterangan:

I = Tingkat bunga yang berlaku

n : Waktu (tahun)

m : Jumlah periode balas jasa pengorbanan bunga dalam setahun

re: bunga efektif

Contoh 2:

  1. Pak Rusli menyimpan uangnya pada Bank Donna sebesar Rp 50.000.000,00 dengan tingkat bunga 12% per tahun yang dihitung setiap tiga bulan. Pak Rusli  menyimpan uangnya selama 4 tahun. Berapa tingkat bunga efektif yang diterima pak Rusli?

     Penyelesaian

Bila bunga dihitung setiap 3 bulan, maka perhitungan bunga menjadi 12/3 atau empat kali setahun atau m = 4

(re)= (1+12/4)4-1 = (1+0,03)4-1=1,1255- 1=0,12555 maka re = 12,55%

2.4.    Jenis dan Kriteria kelayakan Investasi

Untuk melakukan analisis atau kajian kelayakan investasi ini perlu diketaketahui jenis-jenis kelayakan investasi, seperti terlihat pada gambar berikut:

Sumber :

https://vhost.id/instagram-kini-kelompokkan-komentar-seperti-facebook/