Optimalkan Peran Dewan Pendidikan

Optimalkan Peran Dewan Pendidikan

Optimalkan Peran Dewan Pendidikan

Optimalkan Peran Dewan Pendidikan
Optimalkan Peran Dewan Pendidikan

Sebagai lembaga nonstruktural, dewan pendidikan memiliki fungsi sebagai

penimbang kebijakan pendidikan yang direncanakan dinas pendidikan (disdik), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Dewan pendidikan itu seperti vitamin. Jika disdik adalah makanan utama, dewan pendidikan hadir sebagai vitamin,” ujar Kepala Pusat Kajian dan Pengembangan Kebijakan Publik, Inovasi Pendidikan, dan Pendidikan Kedamaian Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Cecep Darmawan dalam Seminar dan Diskusi bertajuk “Mengkritik Visi Misi Pendidikan Jawa Barat” yang diinisiasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UPI, di Gedung LPPM UPI Bandung, Jln. Setiabudi No. 229, Kota Bandung, Rabu (24/4/2019).

Cecep menjelaskan, dewan pendidikan adalah lembaga independen yang dibentuk

berdasarkan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Sehingga, secara struktural posisinya berada di luar pemerintahan.

Mengacu pada perundang-undangan, tambah Cecep, bila dewan pendidikan telah berjalan di tingkat provinsi, bisa juga dibentuk di kabupaten/kota. “Namun, memang ada beberapa regulasi yang saling tumpang tindih. Baik dengan permendikbud, peraturan daerah maupun peraturan gubernur,” terangnya.

Hal senada diungkapkan Kepala LPPM UPI Bandung, Ahman. Ia menuturkan, bidang pendidikan merupakan sesuatu yang kompleks sehingga perlu ada lembaga lain yang mendukung proses tersebut.

“Mengatasi masalah pendidikan di Jawa Barat itu tidak bisa sendirian.

Harus ada mitra yang mampu bekerja sama dan itu bisa didapatkan melalui dewan pendidikan yang sampai saat ini masih belum diresmikan keberadaaannya,” ucapnya.

Ahman berharap, pihaknya bisa mendukung pembangunan pendidikan di Jabar serta mampu berkolaborasi dengan seluruh stakeholder pendidikan yang ada. “Sehingga, visi Jabar Juara itu tidak hanya slogan, tapi bisa sama-sama kita buktikan,” tambahnya.

Selain Cecep dan Ahman, forum diskusi tersebut juga dihadiri Kepala Disdik Jabar Dewi Sartika, Kepala Bidang Guru dan Tenaga Pendidikan Disdik Jabar Asep Suhanggan, Anggota Tim Akselerasi Pendidikan Jabar Evi S. Shaleha, Pakar Hukum Jamal Thalib, dan tamu undangan yang berhubungan dengan pembangunan pendidikan di Jabar.***

 

Sumber :

https://daftarpaket.co.id/