Pembelajaran Pengayaan
Pendidikan

Pembelajaran Pengayaan

Pembelajaran Pengayaan

Pembelajaran Pengayaan

  1. Hakikat Pembelajaran Pengayaan

      Secara umum pengayaan dapat diartikan sebagai pengalaman atau bkegiatan peserta didik yang melampaui persyaratan minimal yang ditentukan oleh kurikulum dan tidak semua peserta dididk dapat melakukannya. Dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi dan pembelajaran tuntas, lazimnya guru mengadakan penilaian awal untuk mengetahui kemampuan peserta didik terhadap kompetensi materi yang akan dipelajari sebelum pembelajaran dimulai.

      Pada akhir program pembelajaran diadakan penilaian yang lebih formal berupa ulangan harian. Ulangan harian dimaksudkan untuk menentukan tingkat pencapaian belajar, apakah seorang peserta didik gagal atau berhasil mencapai tingkat penguasaan kompetensi tertentu. Jika ada peserta didik yang lebih mudah dan cepat mencapai penguasaan kompetensi minimal yang ditetapkan, maka sekolah perlu memberikan perlakuan khusus berupa pembelajaran pengayaan.

  1. Jenis Pembelajaran Pengayaan

Ada tiga jenis pembelajaran pengayaan yaitu:

  1. Kegiatan eksploratori, yang bersifat umum yang dirancang untuk disajikan kepada peserta didik.
  2. Keterampilan proses yang diperlukan oleh peserta didik agar berhasil dalam melakukan pendalaman dan investigasi terhadap topic yang diminati dalam bentuk pembelajaran mandiri.
  3. Pemecahan masalah yang diberikan kepada peserta didik yang memiliki kemampuan belajara lebih tinggi  berupa pemecahan masalah nyata. Pemecahan masalah ditandai dengan: 1) identifikasi bidang permasalahan yang akan dikerjakan, 2) penentuan focus masalah, 3) pengguanaan berbagai sumber, 4) pengumpulan data menggunakan teknik yang relevan, 5) analisis data, dan 6) penyimpulan hasil investigasi.
  1. Pelaksanan Pembelajaran Pengayaan

Pemberian pembelajaran pengayaan pada hakikatnya adalah pemberian bantuan bagi peserta didik yang memiliki kemampuan lebih, baik dalam kecepatan maupun kualitas belajarnya. Agar pemberian pengayaan tepat sasaran maka perlu ditempuh langkah-langkah sistematis yaitu : Mengidentifikasi kelebihan kemampuan peserta didik dan Memberikan perlakuan pembelajaran pengayaan.

  1. Identifikasi kelebihan kemempuan belajar yaitu: belajar lebih cepat, menyimpan informasi lebih mudah, keingintahuan yang tinggi, berpikir mandiri, superior berpikir abstrak, memiliki banyak minat.
  2. Teknik, yaitu: tes IQ, tes inventori, wawancara, pengamatan.
  3. Bentuk Peleksanaan Pembelajaran Pengayaan
  4. Belajar kelompok
  5. Belajar mandiri
  6. Pembelajaran berbasis tema
  7. Pemadatan kurikulum.

Sumber: https://blog.fe-saburai.ac.id/seva-mobil-bekas/