Pembuatan Copy Relief Candi Jawi

Pembuatan Copy Relief Candi Jawi

Pembuatan Copy Relief Candi Jawi

Pembuatan Copy Relief Candi Jawi

Relief Candi Jawi

Menikmati relief Candi Jawi yang indah tak perlu datang ke Pasuruan, cukup datang ke Pengelolaan Informasi Majapahit (PIM) yang ada di Trowulan. Copy relief Candi Jawi saat ini sedang dikerjakan pembuatannya untuk mengisi story line di PIM.

Proses pembuatan yang dilakukan di kantor BPCB Jawa Timur tahap 4 ini dimandegani Ning Suryati, S.S.. Kegiatan ini membutuhkan keahlian dan ketelitian dari mulai bahan hingga teknik yang digunakan sehingga copy relief yang dihasilkan dapat terlihat jelas dimensinya.

Sebelum dilakukan proses pembuatan copy relief terlebih dahulu dilakukan pendokumentasian secara visual. Hal ini juga dilakukan pada saat pelaksanaan pembuatan dan sesudah pelaksanaan pembuatan, bermanfaat sebagai bahan evaluasi kegiatan dan sebagai laporan.

Setelah itu dilakukan pembersihan secara mekanis dan pengamanan terhadap relief yang akan diduplikasi. Pengolesan vaselin sebagai lapisan paling dasar agar lebih mudah melepaskan negatif yang terbuat dari silicon rubber.

Pembuatan negatif atau cetakan replika

Sebagai langkah pertama pembuatan negatif atau cetakan replika atau copy relief menggunakan bahan campuran silicon rubber dan katalis yang diaduk hingga rata (homogen). Kemudian dioleskan pada relief yang akan diduplikasi.

Setelah pengolesan dilakukan secara merata, kemudian ditempeli kain kasa sebagai perkuatan. Selanjutnya dilakukan pengolesan silicon rubber dan katalis yang kedua dengan teknik penekanan dan dibiarkan hingga mengering menjadi negatif atau cetakan.

Pembuatan negatif atau cetakan masihlah panjang

Penanganan setelah pembuatan negatif atau cetakan masihlah panjang dan membutuhkan perlakuan ekstra hati-hati agar tidak terjadi kerusakan. Langkah terakhir dari proses pembuatan copy relief ini adalah pembersihan cetakan positif untuk menetralisir permukaan benda. (Sumber : Tim Copy Relief Candi Jawi, 2019)

 

Artikel terkait :