Umum

Pemeriksaan USG Pada Kehamilan Trimester I

Pemeriksaan USG Pada Kehamilan Trimester I

  1. Kehamilan intrauterin (Sarwono, 2006)

Pada kehamilan 5 minggu terlihat struktur kantong gestasi berdiameter 5-10 mm. Struktur mudigah belum dapat dideteksi dengan alat USG. Pada kehamilan 6 minggu diameter kantong gestasi mencapai 15 mm. Mudigah kadang-kadang dapat dideteksi, terutama dengan USG transvaginal. Panjang mudigah mencapai 5 mm. Mungkin juga terlihat pulsasi denyut jantung.

Pada kehamilan 7 minggu diametr kantong gestasi telah mencapai 25 mm. Panjang mudigah mencapai 10 mm, dan menjadi lebih mudah dilihat. Struktur kepala sudah dapat dibedakan dari badan. Selain denyut jantung, mungkin juga dapat dideteksi adanya gerakan mudigah. Gerakan mudigah dirangsang timbulnya dengan menggunakan perkusi pada dinding abdomen Ibu. Mungkin juga terlihat selaput amnion berupa sekat ekhogenik yang letaknya di dalan kantong gestasi.

Pada kehamilan 8 minggu kantong gestasi telah berdiameter 30 mm. Struktur mudigah dapat dilihat lebih jelas lagi, panjangnya telah mencapai 15-20 mm. Seringkali terlihat kantong kuning telur (yolk sak), berupa struktur vesikuler berdiameter kira-kira 5 mm yang letaknya di luar selaput amnion. Mulai kehamilan 9 minggu struktur mudigah makin bertambah jelas. Periode mudigah (embrio) berlangsung dari usia kehamilan 5 sampai 10 minggu; dan setelah 10 minggu disebut janin (fetus). Rongga amnion makin besar dan mendesak rongga korion, sehingga pada kehamilan 12 minggu rongga korion dan kantong kuning telur tidak terlihat lagi. Pusat-pusat pertulangan mulai tampak di daerah mandibula, maksila, klavikula, kemudian di daerah humerus, femur, ilium, dan iga.lagi Pengukuran biometri janin menjadi lebih mudah dilakukan. Lokasi pertumbuhan plasenta terlihat makin jelas.

SUmber: https://www.gurupendidikan.co.id/usaha-barbershop/