Pendidikan

Pemrosesan File Secara Tradisional

Pemrosesan File Secara Tradisional

Masalah-masalah dalam pemrosesan file:

  • Penumpukan Data: File-file data yang independen dapat terdiri dari banyak sekali duplikasi data, data yang sama (seperti nama dan alamat pelanggan) dicatat dan disimpan dalam beberapa file.
  • Kurangnya Integrasi Data: Memiliki data dalam file-file yang independen mempersulit untuk memberi para pemakai akhir informasi untuk permintaan khusus yang membutuhkan pengaksesan data yang disimpan dala beberapa file yang berbeda.
  • Ketergantungan Data: Didalam sistem pemrosesan file, komponen-komponen utama dari suatu sistem-file organisasi, lokasi fisiknya dalam hardware penyimpanan, dan software aplikasi yang digunakan untuk mengakses file-file tersebut-saling tergantung satu sama lain dalam cara tertentu.
  • Masalah-masalah lainya: Didalam sistem pemrosesan file, sangatlah mudah untuk berbagai elemen data, seperti nomor persedian dan alamat pelanggan untuk dicatatat dalam cara yang berbeda oleh pemakai akhir dan aplikasi berbeda. Hal ini menyebabkan masalah ketidakkonsistenan yang serius dalam pengembangan program untuk mengakses data semacam itu.

Ø  Pendekatan Manajemen Database

  • Database management system (DBMS) Befungsi sebagai interface software antara pemakai dan database. Hal ini membantu para pemakai untuk dengan mudah mengakses data dalam database.
  • Database Management Software adalah software utama dalam pendekatan manajemen database, karena software tersebut mengendalikan pembuatan, pemeliharaan, dan penggunaan database organisasi dan pemakai akhir.
  • Penyelidikan Databaseadalah manfaat utama dari pendekatan manajemen database. Para pemakai akhir dapat menggunakan DBMS untuk menanyakan informasi dari database dengan menggunakan fitur permintaan (query) atau pembuatan laporan (report generator).
  • Pemeliharaan Database: Database suatu organisasi perlu diperbarui secara terus menerus untuk mencerminkan transaksi bisnis yang baru seperti penjualan yang dilakukan, produk yang dihasilkan atau persedian yang dikirimkan serta berbagai kegiatan lainya. Perubahan lainya juga harus dilakukan untuk memperbarui dan memperbaiki data dalam database.
  • Pengembangan Aplikasi: Para pemakai akhir, analisis sistem, dan pengembangan aplikasi lainya dapat menggunakan bahasa pemrograman internal 4GL serta alat pengembangan software bawaan dalam banyak software DBMS untuk mengembangkan program aplikasi khusus.

sumber :