Pendidikan

PEMUPUKAN

PEMUPUKAN

Pemupukan merupakan hal penting dalam budidaya bunga kertas. Pupuk yang kandang dapat berupa kotoran ayam, kuda, domba atau kompos yang telah matang (siap pakai). Dosis sebanyak 20 sampai 30 ton/ha atau 2 – 3 kg per m2.

Pupuk kandang ditaburkan merata setelah bedengan dibuat dan ditutup dengan tanah pada saat merapikan bedengan (1 minggu sebelum tanam). Pemberian pupuk kandang berikutnya dilakukan dengan interval 5 – 6 bulan. Pupuk NPK diberikan sebulan setelah tanam atau diperkirakan akar pada umbi bunga kertas telah tumbuh dan berkembang dengan baik, sehingga pupuk yang diberikan dapat diserap langsung oleh tanaman.

Dosis pupuk sebayak 200 kg/ha atau 200g/m2. Pemberian pupuk NPK berikutnya dilakukan dengan interval 3 bulan. Selain itu, pupuk daun dapat juga disemprotkan sesuai dengan dosis anjuran dengan interval 2 minggu.

  1. JENIS-JENIS BUNGA BOUGENVILLE

Bougainvillea disebut tanaman bunga kertas karena bentuk seludang bunganya yang tipis dan Nama Inggris bunga ini adalah Bougainvillea yang diambil dari nama Sir Louis Antoine de Bougainville, seorang prajurit AL Perancis.

Antara jenis pokok bunga kertas tersohor ialah

  1. Bougainvillea ‘Elizabeth Angus’;
  2. Bougainvillea ‘Red’;
  3. Bougainvillea Pultonii;
  4. Bougainvillea ‘Easter Parade’ dan
  5. Bougainvillea ‘Lady Mary Baring’.

Jenis bunga kertas beraneka ragam,karenanya warnanya pun bermacam-macam, ada yang warnanya ungu, merah terang,merah jambu,merah pucat,kuning,putih dan warna kombinasi seperti kuning dan merah. Ada bunganya yang memiliki bunga lagi ditengah-tengahnya, kecil dan berwarna putih.Daunnya pun bermacam-macam, ada yang ukurannya lebar, berwarna hijau dan memiliki tekstur yang agak keras, ada yang ukurannya sedang dan permukaannya lembut,dan ada pula daunnya yang berwarna hijau putih (lurik-lurik).Berikut aneka jenis dan macam bunga kertas (bougainvilliea):

baca jgua :