Pengertian Belajar Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Belajar Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Belajar Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Belajar Menurut Beberapa Ahli
Pengertian Belajar Menurut Beberapa Ahli

Menurut james O. Whittaker

“Belajar adalah Proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman”.

Winkel

“Belajar adalah aktivitas mental atau psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, nilai dan sikap”.

Cronchbach

“Belajar adalah suatu aktifitas yang ditunjukkan oleh perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman”.

Howard L. Kingskey

“Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan”.

Drs. Slameto

: “Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri di dalam interaksi dengan lingkungannya”.

R. Gagne

“ Belajar adalah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, ketrampilan, kebiasaan dan tingkah laku”.

Herbart (swiss): “Belajar adalah suatu proses pengisian jiwa dengan pengetahuan dan pengalamn yang sebanyak-banyaknya dengan melalui hafalan”.

Robert M. Gagne dalam buku the conditioning of learning mengemukakan bahwa: “Belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kemampuan manusia setelah belajar secara terus menerus, bukan hanya disebabkan karena proses pertumbuhan saja. Gagne berkeyakinan bahwa belajar dipengaruhi oleh faktor dari luar diri dan faktor dalm diri dan keduanya saling berinteraksi”.

Lester D. Crow and Alice Crow : “Belajar adalah acuquisition of habits, knowledge and attitudes. Belajar adalah upaya-upaya untuk memperoleh kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap”.

 

Ngalim Purwanto : “Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku, yang terjadi sebagi hasil dari suatu latihan atau pengalaman”.

Sumber: https://www.ayoksinau.com/