PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI
Pendidikan

PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI

Philip Kotler

berpendapat bahwa manajemen dalam bidang pemasaran merupakan proses analisis, perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan. Program tersebut memiliki misi menimbulkan pertukaran dengan peluang pasar yang menjadi sasaran sehingga tujuan perusahaan tercapai.

Sementara itu William J.Stanton menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan sistem yang menyeluruh dalam kegiatan bisnis. Dengan tujuannya untuk melaksanakan perencanaan, penentuan harga, promosi, dan distribusi jasa atau barang. Agar produk barang atau jasa yang dikeluarkan dari perusahaan dapat memenuhi kepuasan konsumen.

Bashu Swastha menegaskan bahwa manajemen ini merupakan perwujudan dari suatu sistem secara menyeluruh kegiatan bisnis. Poin utamanya bertujuan menyukseskan perencanaan, penentuan harga, kegiatan promosi, dan distribusi barang serta jasa. Hasilnya diharapkan dapat memenuhi dan memuaskan pembeli potensial atau yang telah ada.

Dharmmesta dan Handoko (1982) mengemukakan bahwa manajemen pemasaran adalah suatu kegiatan pokok yang dilakukan perusahaan agar mempertahankan keberadaannya. Selain itu untuk perkembangan dan memperoleh keuntungan dari kegiatan pokok yang dilakukan. Proses kegiatan pemasaran mulai dilakukan sebelum barang diproduksi dan tidak selesai setelah penjualan terjadi.

Kegiatan pemasaran tidak melulu pada penjualan tetapi harus menimbulkan kepuasan konsumen setelah membeli barang atau jasa. Hal ini sangat krusial dan umumnya dilakukan semua perusahaan, sehingga usahanya tetap berjalan dan mengalami peningkatan. Disamping itu, agar reputasi perusahaan menjadi baik dimata konsumen dan masyarakat.

Buchori dan Djaslim turut menuangkan pemikirannya mengenai interpretasi dalam bidang pemasaran tersebut. Menurutnya, manajemen yang dimulai dari proses konsepsi, penerapan harga, dilanjutkan dengan promosi dan distribusi gagasan. Promosi juga dilakukan terhadapa barang dan jasa agar mewujudkan tujuan organisasi dan memuaskan individu melalui pertukaran.

Berbeda dengan gagasan makna yang dikemukakan oleh Ben M.Eniy. Berdasarkan pemikirannya manajemen bidang pemasaran merupakan proses meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Proses yang diupayakan ini adalah kegiatan pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan maupun pegawainya.


Sumber: https://capjpo-europalestine.com/surgical-strike-apk/