Pengertian Penyesuaian diri Menurut Para Ahli
Pendidikan

Pengertian Penyesuaian diri Menurut Para Ahli

Pengertian Penyesuaian diri Menurut Para Ahli

Pengertian Penyesuaian diri Menurut Para Ahli

Penyesuaian diri dalam bahasa aslinya dikenal dengan istilah adjustment  atau personal adjustment.

Menurut para ahli penyesuaian diri yaitu:

Ali dan Asrori (2005)

penyesuaian diri dapat didefinisikan sebagai suatu proses yang mencakup respon-respon mental dan perilaku yang diperjuangkan individu agar dapat berhasil menghadapi kebutuhan-kebutuhan internal, ketegangan, frustasi, konflik, serta untuk menghasilkan kualitas keselarasan antara tuntutan dari dalam diri individu dengan tuntutan dunia luar atau lingkungan tempat individu berada.

Schneiders (dalam Kusdiyati dkk,2011) penyesuaian diri ( adjustment) adalah suatu proses dimana individu berusaha keras untuk mengatasi atau menguasai kebutuhan dalam diri, ketegangan, frustasi, dan konflik, tujuannya untuk mendapatkan keharmonisan dan keselarasan antara tuntutan lingkungan dimana dia tinggal dengan tuntutan di dalam dirinya.

Supriyo (2008: 90) penyesuaian diri merupakan suatu proses dinamis yang bertujuan untuk mengubah perilaku individu agar terjadi hubungan yang lebih sesuai antara diri individu dengan lingkungannya.

Devina (2010), Penyesuaian diri adalah suatu proses alamiah dan dinamis yang bertujuan mengubah perilaku individu agar terjadi hubungan yang lebih sesuai dengan kondisi lingkingannya atau proses bagaimana individu  mencapai keseimbangan diri dalam memenuhi kebutuhan sesuai dengan lingkungannya .

Satmoko (Ghufron dan Risnawita, 2010) mendefinisikan penyesuaian diri sebagai interaksi seseorang yang secara kontinyu dengan dirinya sendiri, orang lain, dan dunianya.

Dari definisi di atas dapat penulis simpulkan bahwa penyesuaian diri adalah proses mengubah diri sesuai dengan tuntutan lingkungan dimana dia hidup agar dapat berhasil menghadapi, ketegangan, frustasi dan konflik sehingga tercapainya keharmonisan pada diri sendiri serta lingkungannya dan akhirnya dapat diterima oleh kelompok dan lingkungannya.


Baca Juga :