Pendidikan

Pengertian Sistem Akuntansi

Pengertian Sistem Akuntansi

Sistem Akuntansi (accounting system) adalah metode dan prosedur untuk mengumpulkan, mengelompokkan, merangkum, serta melaporkan imformasi keuangan dan operasi keuangan. Sistem Akuntansi untuk perusahaan besar harus dapat mengumpulkan, mengakumulasi, dan melaporkan berbagai macam jenis transaksi. Sistem Akuntansi sendiri terdiri atas dokumen bukti transaksi, alat-alat yang digunakan untuk sebuah pencatatan, pelaporan dan juga prosedur yang digunakan oleh pihak perusahaan guna mencatat berbagai macam transaksi serta melaporkan hasilnya.

Sebagai contoh, sistem akuntansi Garuda Indonesia mengumpulkan dan mengelola imformasi, antara lain untuk pemesanan tiket, penagihan kartu kredit, perawatan pesawat, jam kerja karyawan, konsumsi bahan bakar, dan komisi agen perjalanan. Seperti yang telah mungkin anda duga, Sistem Akuntansi Garuda Indonesia terus berubah seiring dengan perkembangan perusahaan. Sistem akuntansi berubah melalui proses tiga tahap seiring dengan perkembangan dan perubahan perusahaan. Tahap pertama dalam perusahaan ini adalah analisis yang terdiri atas:

  1.  Mengidentifikasi kebutuhan pihak-pihak yang menggunakan imformasi keuangan perusahaan.
  2.  Menentukan bagaiman sistem dapat menyediakan imformasi ini.

Saat sistem telah diterapkan, umpan balik atau masukan dari pengguna imformasi dapat digunakan untuk menganalisis dan mengembangkan sistem. Pengendalian internal dan metode pengolahan imformasi sangat penting dalam sistem akuntansi. Pengendalian intenal adalah kebijakan dan prosedur yang melindungi aset dari penyalahgunaan, memastikan kekurangan imformasi bisnis, serta memastikan hukum dan peraturan yang berlaku.

sumber :

https://solopellico3p.com/beli-mobil-bekas/