PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA

PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA

PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA

PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA
PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA
  1. A.    Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang digunakan selama berlangsungnya penelitian meliputi problem checklist, angket kebiasaan siswa, checklist kebiasaan belajar, Tes Who Am I dan Observasi. Beberapa alat pengumpul data tersebut akan diuraikan sebagai berikut:

  1. Problem Cheklist

Problem Cheklist merupakan daftar cek masalah yang terdiri atas 330 masalah dan 11 aspek masalah, diantaranya:

  1. Aspek kesehatan
  2. Aspek keadaan penghidupan
  3. Aspek rekreasi dan hoby
  4. Aspek muda-mudi
  5. Aspek kehidupan sosial dan organisasi
  6. Aspek hubungan pribadi
  7. Aspek agama dan moral
  8. Aspek kehidupan keluarga
  9. Aspek masa depan dan cita-cita
  10. Aspek penyesuaian pada sekolah
  11. Aspek penyesuaian kurikulum
  12. Angket Kebiasaan Siswa

Angket kebiasaan belajar merupakan sejumlah item atau pertanyaan yang yang harus dijawab oleh siswa yang dapat memberikan keterangan tentang kebiasaan dan sikap belajar.

  1. Cheklist Kebiasaan Belajar

Cheklist kebiasaan belajar adalah suatu daftar pertanyaan atau pernyataan tertulis yang harus dijawab secara tertulis juga untuk mengungkap kebiasaan-kebiasan belajar siswa yang terdiri atas 40 pertanyaan atau pernyataan

  1. Tes Who Am I

Tes Who Am I adalah suatu alat pengumpul data yang berupa tes kepribadian, yang dapat mengukur penyikapan seseorang terhadap Tes Who Am I:

  1. Konselor/guru pembimbing dapat mengetahui sebagian aspek kepribadian siswa secara garis besarnya, baik kelebihan maupun kekurangannya.
  2. Konselor/guru pembimbing dapat menentukan alternatif-alternatif layanan bimbingan dan konseling yang dapat menimbulkan kekuatan yang ada pada diri siswa dapat mengatasi kelemahan-kelemahannya.
  3. Konselor/guru pembimbing membantu siswa untuk dapat lebih mengenal diri sendiri, sehingga mampu melakukan penyesuaian diri yang lebih baik terhadap dirinya maaupun ligkungannya.
  4. Observasi

Observasi adalah proses pengamatan yang dilakukan secara sengaja terhadap tingkah laku kasus dalam situasi tertentu. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi adalah sebagai pelengkap dari metode-metode lainnya. Hal in diketahui melalui pengamatan terahadap tingkah lakunya di kelas dalam proses belajar mengajar dan diluar kelas.

Sumber : https://andyouandi.net/