Penyakit pada sistem transportasi

Penyakit pada sistem transportasi

Penyakit pada sistem transportasi

Penyakit pada sistem transportasi

Penyakit dalam sistem transportasi darah manusia antara lain:

1) Kelainan darah

a) Anemia yaitu darah tidak mampu membawa oksigen yang cukup bagi tubuh, disebabkan oleh kurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin yang membawa oksigen. Anemia pernisiosa yaitu rendahnya jumlah sel darah merah. Anemia sel sabit yaitu penyakit menurun yang disebabkan hemoglobin di dalam sel darah merah tidak sempurna.

b) Talasemia adalah penyakit kelainan darah yang menurun, sel darah merah tidak normal. Hal ini disebabkan kegagalan gen dalam memproduksi protein penyusun hemoglobin secara lengkap sehingga hemoglobin tidak sempurna. Akibatnya transportasi oksigen ke seluruh tubuh terganggu.

c) Leukemia yaitu sel darah putih jumlahnya meningkat pesat kemudia memakan sel darah merah.

d) Hemofili adalah penyakit menurun dimana darah sukar membeku.

2) Kelainan pembuluh darah

a) Varises terjadi pada pembuluh balik akibat tidak lancarnya aliran darah menuju jantung. Darah terkumpul di pembuluh balik (vena) yang menyebabkan vena melebar. Varises sering dijumpai di kaki.

b) Ambeien atau wasir yaitu mengembangnya pembuluh balik pada dubur.

c) Atheroskerosis terjadi apabila terdapat penumpukan lemak, kolesterol, gula dan berbagai bahan lainnya pada dinding, pembuluh arteri, sehingga menyempit. Penyempitan ini bila terjadi pada pembuluh arteri yang menuju ke otak dapat menyebabkan stroke.

3) Kelainan jantung

a) Jantung coroner karena arteri mengalami penyumbatan yang disebabkan terlalu banyaknya endapan dari kapur dan serabut yang tumbuh pada bagian dalam pembuluh darah.

b) Thrombosis kronir karena pembekuan darah di bagian arteri coroner, akibatnya aliran darah yang menuju jantung tersumbat.

c) Fibriasi atrium yaitu denyutan serambi jantung cepat dan tidak beraturan.

Baca juga: