Pendidikan

Perkembangan Terkini Implementasi Balance Scorecard

Perkembangan Terkini Implementasi Balance Scorecard

Membangun suatu sistem Balanced Scorecard tidak dapat mengandalkan keahlian teknis saja. Sebagai suatu sistem yang bernilai tamabah bagi perusahaan, keahlian perusahaan merupakan bagian krusial dalam memilih personil yang terlibat dalam proses pengembangan. Paket-paket software Balanced Scorecard yang semakin fleksibel mempermudah proses pengembangan tanpa membutuhkan programmer.

Yang diperlukan adalah spesialisasi industri dan proses bisnis yang dapat mendefinisikan proses dan performance measures. Langkah-langkah yang umum dilakukan dalam pengembangan suatu sistem balanced scorecard adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan Performance Measures Sesuai Dengan Strategi Perusahaan.

Kesulitan yang sering dihadapi disini adalah seringkali tidak jelasnya strategi perusahaan, sehingga tidak menentukan langkah ini menjadi hal yang relative sulit. Kesadaran manajemen perusahan sebagai user dari sistem yang sangat penting. Banyak perusahaan yang tertarik pada konsep balanced scorecard sebetulnya belum memilik strategi yang baku. Kegiatan ini bersifat strategi. Untuk memudahkan dicarinya informasi, bantuan konsultan manajemen strategik banyak dapat membantu.

  1. Menentukan Bagaimana Informasi Yang Diperlukan Oleh Performance Measures Dapat Ditemukan.

Berbeda dengan kegiatan sebelumnya, kegiatan ini memerlukan tenaga ahli yang mampu menggali informasi dari berbagai sumber. Seorang yang memiliki latar belakang bisnis proses (untuk membangun eksplisit) akan dapat sangat membantu dalam menentukan bagaimana informasi yang menunjang kalkulasi Performance Measures. Langkah terakhir ini relatif lebih mudah.

Setelah mengetahui faktor-faktor bisnis apa saja yang hendak diukur dan mengetahui bagaimana cara mendpatkan informasi penunjang untuk mendapatkan informasi tersebut, keahlian yang dibutuhkan ialah seorang yang dapat melakukan setting/dalam paket balanced scorecard yang hendak dipakai. Pengetahuan orang tersebut mengenai teknologi informasi akan sangat membantu dalam menghasilkan kerja secara efisien.

Implementasi Balanced Scorecardpada awalnya merupakan papan nilai yang dinilai seimbang antar berbagai perspektif untuk menentukan keberhasilan satu organisasi ataupun perusahaan. Permasalahan ini menjadi krusial bukan saja karena ini menyangkut banyak hal, akan tetapi karena dengan adanya ukuran yang seimbang diharapkan bahwa capaian dan kinerja satu organisasi dapat berkelanjutan (sustainable).

sumber :

Path of Sin: Greed 1.0 Apk + Data for android