Putu Mayang Nan Cantik
Umum

Putu Mayang Nan Cantik

Putu Mayang Nan CantikPutu Mayang Nan Cantik

putu mayang

Jajanan yang saya buru untuk menu pembuka puasa kali ini adalah putu mayang. Penganan berbahan dasar tepung beras atau tepung kanji. Hanya bentuknya yang berbeda.

Untuk putu mayang bentuknya seperti mie yang digulung. Sebelum dicetak menggunakan cetakan khusus, adonan putu mayang diberi warna sesuai selera. Ada warna merah dan hijau. Karenanya begitu jadi, putu mayang pun hasilnya berwarna-warni.

Saat penyajian hampir sama dengan kue lopis. Disiram dengan kinca atau gula Jawa. Jika pada kue lopis diberi taburan kelapa parut. Untuk putu mayang dengan menambahkan sedikit santan yang kental. Jadi kinca gula Jawanya bercampur dengan santan.

Soal rasanya? Hmmmm….enak tentunya. Putu mayang merupakan salah satu kuliner khas Betawi. Tetapi dibeberapa negara konon juga ada jajanan jenis ini. Hanya bentuknya yang berbeda. Jika pada putu mayang tekstur bentuk mienya terlihat besar-besar. Pada putu mayang ala negara tetangga lebih halus dan kecil-kecil. Tetapi sausnya sama. Berupa kinca dan santan.

Apapun itu, jajanan ini bisa dijadikan pilihan dalam berburu jajanan jelang berbuka puasa. Terutama bagi yang tidak menyukai goreng-gorengan seperti saya. Selamat berburu jajanan seru. Nantikan jajanan seru lainnya.

 

Sumber: https://tribunbatam.co.id/2020-indonesia-pasarkan-massal-mobil-listrik-buatan-sendiri/