Pendidikan

Ragam Bahasa

Ragam Bahasa

Ragam Bahasa

Ragam bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara,kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta medium pembicara. Variasi tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu faktor usia,faktor gender,faktor tingkat pendidikan,faktor profesi/jabatan,faktor budaya daerah,faktor bidang yang ditekuni,serta faktor lingkungan sosial.
Ragam bahasa menurut jenis pemakainya dapat dibedakan menjadi tiga: (1) ragam dari sudut pandang bidang atau pokok persoalan; (2) ragam menurut sasaran; dan (3) ragam yang mengalami gangguan pencampuran. Setiap penutur bahasa bergerak dan bergaul dengan berbagai lingkungan masyarakat dengan tata cara pergaulan yang berbeda. Oleh karena itu penutur harus mampu memilih ragam bahasa yang sesuai dengan dengan keperluannya, apapun latar belakangnya.
Bahasa merupakan hal yang penting dalam berkomunikasi, dalam menyampaikan gagasan pada tulisan, dalam menyampaikan informasi dan juga perkembangan. Bahasa merupakan suatu sarana yang tersusun atas pola-pola yang memiliki aturan tersendiri sehingga tidak menyalahi maksud dalam berkomunikasi. Pola-pola tersebut terdiri dari tata bunyi, tata bentuk dan tata kalimat.
Bahasa Indonesia tentunya menjadi sarana utama dalam berkomunikasi di dalam Negara Indonesia itu sendiri. Tetapi tentunya penggunaannya tergantung pada berbagai keperluan yang tentunya berbeda-beda. Maka dari itulah perbedaan tersebut dianamakan dengan Ragam Bahasa Indonesia.

Sumber : https://newsinfilm.com/seva-mobil-bekas/