Samsung Umumkan Kehadiran Exynos 990, SoC untuk Galaxy S11
Teknologi

Samsung Umumkan Kehadiran Exynos 990, SoC untuk Galaxy S11

Samsung Umumkan Kehadiran Exynos 990, SoC untuk Galaxy S11

 

Samsung Umumkan Kehadiran Exynos 990, SoC untuk Galaxy S11
Samsung Umumkan Kehadiran Exynos 990, SoC untuk Galaxy S11

Hingga saat ini Qualcomm memang belum berbicara banyak mengenai chipset kelas atas terbarunya yang akan menjadi penerus Snapdragon 855 atau Snapdragon 855+. Namun kabar yang beredar, chipset tersebut baru akan diperkenalkan pada akhir tahun ini.

Berbeda dengan Qualcomm, Samsung langsung tancap gas untuk urusan chipset kelas atas. Ya! Raksasa elektronik asal Negeri Gingseng ini baru saja memperkenalkan Exynos 990. Berdasarkan namanya, ini adalah chipset yang lebih kuat daripada Exynos 980 yang diumumkan pada awal September 2019 lalu.

Melihat spesifikasinya, Samsung akan memasukkan Exynos 980 ke dalam kategori unggulan. Ya! Chipset ini

 

dikembangkan dengan fabrikasi EUV 7 nanometer, seperti halnya chipet Kirin 990 5G. Selain itu, chipset ini juga memiliki konfigurasi CPU tri-cluster 2 + 2 + 4.

Ada 2 x custom CPU core generasi ke-5 + 2 x Cortex-A76 + 4 x Cortex-A55. Sayangnya, Samsung masih merahasiakan clock speed yang dimiliki oleh chipset barunya ini. Namun, Samsung mengatakan bahwa kinerja core CPU

akan Samsung telah mengumumkan prosesor mobile baru bernama Exynos 990. Berdasarkan namanya, ini adalah prosesor yang lebih kuat daripada Exynos 980 yang diumumkan pada awal September, dan spesifikasinya memasukkannya ke dalam kategori unggulan.

Exynos 990 adalah prosesor EUV 7nm seperti halnya chipset Huawei Kirin 990 5G. Prosesor ini memiliki delapan inti dalam konfigurasi CPU tri-cluster 2 + 2 + 4. Ada 2x custom CPU core generasi ke-5 + 2x Cortex-A76 core + 4x Cortex-A55 core. Samsung menjaga kecepatan clock core menjadi misteri. Namun, ia mengatakan kinerja core custom CPU telah meningkat sebesar 20 persen dibandingkan pendahulunya.

Chipset baru ini juga memiliki NPU Dual-Core, sebuah core tambahan dari NPU Exynos 9820. Ada juga dukungan Digital Signal Processor (DSP) yang ditingkatkan dan bekerja dengan NPU baru untuk pengalaman yang lebih baik dalam hal kinerja kamera, asisten virtual dan reality yang diperluas.

Samsung juga mengatakan bahwa SoC barunya ini mendukung hingga enam kamera dengan resolusi hingga 108 MP. Exynos 990 juga telah mendukung RAM LPDDR5, penyimpanan dengan teknologi UFS 3.0 dan UFS 2.1 serta mendukung layar dengan resolusi UHD hingga 4K.

Chipset ini juga memiliki Exynos Modem 5123 untuk kecepatan 5G. Samsung pun sesumbar bahwa modem baru ini

 

mendukung kecepatan download hingga 7,35 Gbps dalam mmWave dan 5,1 Gbps dalam pengaturan sub-6 GHz dengan agregasi operator hingga 8x.

Modem baru yang ada di dalam chipset ini juga dibangun pada proses EUV 7 nanometer. Selain itu, modem ini juga mendukung E-UTRA-NR Dual Connectivity (EN-DC) yang menggabungkan konektivitas LTE dan 5G untuk meningkatkan kecepatan download secara mobile.

Daya tarik lainnya dari Exynos 990 adalah mendukung decoding video 8K UHD pada 30 frame per detik. Ini juga cocok untuk smartphone yang ingin memiliki layar dengan refresh rate 120 Hz bersama video 10-bit dan dukungan HDR. Keamanan juga telah ditingkatkan dengan layer Security Element (iSE) yang baru ditambahkan.

Lantas, smartphone apakah yang akan lebih dulu mencicipi Exynos 990 ini? Sudah bisa ditebak, Exynos 990 oleh

 

Samsung akan dimuat lebih dulu ke dalam Galaxy S11, smartphone flagship milik Samsung yang akan muncul di awal tahun depan. Jadi, kita baru bisa merasakan kehebatan kinerja chipset ini beberapa bulan lagi.

Baca Juga: