Pendidikan

Sebelum Ide Bisnis Menjadi Kenyataan

Sebelum Ide Bisnis Menjadi Kenyataan

05 Februari 2013 •oleh: Tri Pratiwi Handayani •4 • dibaca: 2478

Sebelum  membangun sebuah bisnis pastinya setiap pengusaha sudah mempersiapkan ide-ide bisnis atau bahkan sudah mempersiapkan rencana bisnis sematang mungkin. Tapi sebelum mewujudkan bisnis impian anda, alangkah baiknya jika anda memberikan evaluasi kepada ide anda. Tentunya hal ini bertujuan untuk memastikan apakah ide anda bisa menjadi bisnis sukses dan bukan hanya ide kosong. Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk menganalisa ide bisnis anda versi entrepreneur.com:

  1. Siapa pelanggan saya?

Pertanyaan sebelum anda mengubah ide menjadi sebuah kenyataan adalah tentang siapa target pelanggan anda. Hal ini diperlukan karena mungkin produk anda tepat untuk diri anda atau hanya menjadi solusi untuk diri anda, tapi apakah produk atau ide anda ini bisa diminati dan dinikmati oleh banyak orang? Jika perlu anda bisa melakukan survey tentang ide bisnis anda tersebut. Tanyakanlah kepada orang-orang sekitar anda, apa pendapat mereka jika bisnis anda dibangun?

  1. Apa beda bisnis saya dari bisnis yang telah ada?

Jika anda membangun sebuah bisnis yang sudah banyak orang lain membangunnya, maka tanyakan kepada diri apa yang membedakan bisnis saya dengan bisnis yang lain? Adakah sesuatu yang spesial dari bisnis saya dari bisnis yang telah ada? Jika anda masih belum mendapat jawaban, maka alangkah baiknya anda mencari jawaban ini. Jika anda telah menemukannya, maka tanyakan lagi ke diri anda, apakah perbedaan ini lebih baik? Atau justru akan membuat pelanggan lari?

  1. Bagaimana cara menampilkan ide bisnis ini ke orang lain?

Pertanyaan ini bertujuan untuk menguji pengetahuan anda tentang ide bisnis anda ke orang lain. Cobalah jelaskan ide bisnis anda ke orang terdekat anda, anda pasti akan mendapat banyak pertanyaan yang bisa menunjukkan kematangan ide anda. Tentunya jika anda sudah banyak memiliki pengetahuan tentang bisnis ini, anda pasti bisa menjawab pertanyaan apapun. Hal ini bertujuan untuk memperkukuh persiapan anda sebelum anda mewujudkan ide anda, karena tanpa persiapan ilmu yang memadai, anda akan cenderung lebih cepat panik pada saat dihadapkan pada suatu masalah.

sumber :