Sejarah Komputer Lengkap

Sejarah Komputer Lengkap

Sejarah Komputer Lengkap

Sejarah Komputer Lengkap
Sejarah Komputer Lengkap
Sobat, dizaman yang serba modern ini komputer bukan lagi menjadi benda asing untuk kita. Komputer berhasil mempermudah pekerjaan manusia diseluruh dunia hampir segala aspek. Sekarang ini komputer bukan alat yang langka, dan bisa digunakan oleh hampir semua orang. Sejarah Perkembangan Komputer dapat kita lihat dari perubahan gambar komputer itu sendiri. Pada pengembangan komputer, anda akan mendapatkan perbedaan dari generasi ke generasi mulai dari komputer diciptakan hingga saat ini komputer menjelma menjadi sebuah alat canggih dan fleksibel.

Sejarah Komputer Lengkap, Alat Bantu Hitung

Komputer lengkap modern awalnya dimulai dengan dua teknologi yakni perhitungan otomatis dan programabilitas. Akan tetapi tak satu pun alat yang dapat diidentifikasi sebagai awal dari alat komputer. Pasalnya makna dan penggunaan istilah Komputer yang berbeda-beda.
Terdapat alat hitung dari beberapa kebudayaan yakni Sempoa Sumeria dari sekitar tahun 2.500 SM dan juga mekanisme Antikythera, sebuah alat komputer astronomi analog kuno yang dibuat pada sekitar tahun 80 SM oleh bangsa Yunani.

Sejarah Komputer Lengkap, Penemuan Kalkulator Pascal

Sejarah komputer lengkap mengalami sejarah baru dengan diciptakannya alat hitung modern oleh Blaise Pascal di tahun 1642. Alat ini kemudian lebih dikenal dengan nama “Kalkulator Pascal” dan menjadi satu-satunya alat hitung modern yang paling tepat pada masa itu.
Thomas de Colmar pada tahun 1851 mengeluarkan penemuan terbaru miliknya setelah membuatannya selama 30 tahun. Penemuan itu berupa alat arithmometer yang jauh lebih sederhana dan modern. Alat ini kemudian diproduksi secara massal untuk diperjualbelikan, karena kemampuannya dan ketangguhannya sehingga bisa digunakan di kantor-kantor dan bisa dibawa ke mana-mana.

Sejarah Komputer Lengkap, Kalkulator Mesin

Pada 1837, Charles Babbage yang juga dianggap sebagai “Bapak komputer” yang sesungguhnya merupakan orang pertama yang membuat konsep dan desain kalkulator mesin yang terprogram . mesin ini ia sebut dengan Mesin Analisis.
Di sekitar tahun 1842 dan 1843, seorang analis dari mesin analitis Charles Babbage bernama Ada Lovelace, menerjemahkan sebuah artikel yang ditulis oleh insinyur militer Italia bernama Luigi Menabrea dengan mesin tersebut, yang telah ia lengkapi dengan beberapa catatan sendiri yang cukup rumit. Catatan Lovelace ini mengandung apa yang kemudian dianggap sebagai program komputer pertama, yaitu sebuah algoritma berkode agar dapat diproses oleh mesin.
Di sekitar akhir tahun 1880-an, Herman Hollerith menciptakan rekaman data pada media mesin yang dapat dibaca (Machine-readable media). Machine-readable media telah digunakan sebelumnya sebagai alat pengendali, bukan data. Ketiga penemuan diatas merupakan tonggak dari informatika modern.
Baca juga artikel: