SEJARAH PENCAK SILAT DAN ORGANISASI PERSILAT
Pendidikan

SEJARAH PENCAK SILAT DAN ORGANISASI PERSILAT

SEJARAH PENCAK SILAT DAN ORGANISASI PERSILAT 

SEJARAH PENCAK SILAT DAN ORGANISASI PERSILAT

Berhasil membawa Pencak Silat menjadi olahraga nasional, IPSI kemudian punya cita-cita yang lebih besar lagi, yaitu membawa Pencak Silat ke level dunia. Ide yang muncul saat itu adalah mengusahakan pencak silat menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan dalam acara olahraga internasional. IPSI mengusahakan ide tersebut di bawah pimpinan Eddi Marzuki Nalapraya.

Pada 1979, usaha tersebut diawali dengan menggelar konferensi pencak silat Internasional pada bulan September, bersamaan dengan SEA Games ke-10. IPSI mengundang 4 negara yang memiliki tradisi pencak silat. Selain Indonesia, ada Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Namun, pembentukan federasi pencak silat ini sempat tertunda setahun kemudian.

Baru pada 1980, tepatnya 8-11 Maret di Jakarta konferensi yang dihadiri 4 negara itu dilanjutkan. Maka dari hasil perundingan itu terbentuklah Persatuan Pencak Silat Antar Bangsa (Persilat). Dalam pertemuan itu, juga disepakati 4 negara sebagai negara pendiri yaitu Indonesia (IPSI), Singapura (Persisi), Malaysia (Pesaka) dan Brunei Darussalam (Persib).

Pada tahun 1982, pencak silat mulai dipertandingakn secara internasional. Persilat mengadakan sebuah kejuaraan pencak silat yang bertempat di Stadion Senayan, Jakarta. Meski belum mendapat animo tinggi karena hanya 7 negara yang berpartisipasi, Persilat tetap mengadakan kejuaraan tersebut hsetiap dua tahun sekali. Kejuaraan Pencak Silat Internasional ke-2 tercatat kembali diadakan di Jakarta pada 1984, yang ke-3 di Wina, Austria pada 1986.

Nama kejuaraan pun diganti menjadi Kejuaraan Dunia Pencak Silat sejak 1987, yang bertempat di Malaysia. Pencak Silat juga mulai dipertandingkan di SEA Games 1987 Jakarta. Dengan Pencak Silat hadir di SEA Games, maka semakin menarik negara-negara di luar inisiator Persilat untuk bergabung.

Cita-cita Persilat makin berkembang dan menginginkan pencak silat dipertandingkan di ajang Asian Games. Semangat ini diawali dengan dibentuknya organisasi pencak silat Asia Pacific pada Oktober 1999. Dengan adanya beberapa multi event di Asia, seperti Asian Indoor Games, Asian Beach Games, maka opencak silat berkembang menjadi cabang olahraga bela diri modern.

Hasilnya pada Asian Games 2002 di Korea Selatan, pencak silat masuk dalam agenda Sport Cultural Event. Pasda Asian Beach Games pertama di Bali pada 2008, Pencak Silat turut dipertandingkan dalalm beberapa kategori tanding dan ujurus tunggal. Setahun kemudian, pencak silat juga masuk ke dalam kalender pertandingan Asian Indoor Games yang dilaksanakan di Vietnam.

Pada Asian Games 2018 di Jakarta, akhirnya pencak silat untuk pertama kalinya dipertandingkan di Asian Games. Indonesia sukses menjadi penyumbang emas terbanyak dengan menyabet 14 emas dari 16 nomor yang  dipertandingkan. Sementara 2 emas sisanya disabet oleh Vietnam. Pada Asian Games 2018, pencak silat memenuhi syarat minimal yakni sebanyak 16 negara yang mengirim wakilnya. Event tersebut terukir dalam sejarah pencak silat Indonesia.


Sumber: https://girlsgames123.co.id/the-ark-of-craft-apk/