Pendidikan

Taqrîrîy

Table of Contents

Taqrîrîy

Hadîts Taqrîrîy adalah Segala sesuatu yang muncul dari sementara sahabat yang diakui keberadaannya oleh Rasul Allah, baik berupa ucapan maupun perbuatan, dengan cara diam tanpa pengingkaran atau persetujuan dan keterus terangan beliau menganggapnya baik bahkan menguatkannya.[[8]] Seperti Nabi membiarkan atau mendiamkan apa yang dilakukan oleh sahabat-Nya tanpa memberi penegasan atau pelarangan. Sikap Nabi seperti ini dijadikan hujjahatau mempunyai kekuatan hukum untuk menetapkan suatu kepastian hukum. Adapun contoh dari hadîts ini adalah: sikap Beliau terhadap ijtihâd sahabat berkenaan dengan shalat Ashr sewaktu perang melawan Bani Quraidzah. Yakni ketika beliau bersabda:

لا يصلين احد العصر الا في بني قريظة[[9]]

Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian shalat Ashr, kecuali di kampung Bani Quraidzah.

Sebagian Sahabat memang tidak melakukan shalat kecuali setelah sampai di Kampung Bani Quraidzah, sehingga mereka mentakhirkan hingga waktu Maghrib. Sedangkan yang lain justru tetap shalat di perjalanan, karena mereka memahami hadîts tersebut dengan makna perintah Rasul Allah untuk mempercepat perjalanan agar sampai di Bani Quraidzah sebelum waktu Maghrib. Berita kedua kelompok sahabat ini sampai kepada Nabi, tetapi Nabi mengakui keduanya, tanpa mengingkari salah satunya.

  1. Hadîts Shifatîy

Hadîts Shifatîy adalah hadîts yang berupa sifat atau kepribadian Nabi serta keadaan fisiknya.[[10]] Hadîts Shifatîy biasa disebut juga dengan Hadîts Ahwâliy. Jadi Hadîts Shifatîy ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu yang terkait dengan kepribadian Nabi dan bentuk fisik Nabi. Contoh hadîts tentang sifat/kepribadian Nabi

حدثنا أنس بن مالك قال : كان رسول الله صلى الله عليه وسلم من أحسن الناس خلقا[[11]]

Artinya: ”Anas ibn Mâlik meriwayatkan kepada kami, beliau berkata: Rasul Allah SAW adalah orang yang paling baik akhlaknya”

Contoh  hadîts tentang sifat fisik nabi di antaranya adalah:

حدثني أبي عن بديل عن شهر بن حوشب عن أسماء قالت : كان يد قميص النبي صلى الله عليه وسلم إلى أسفل من الرصغ

Artinya: Telah meriwayatkan kepadaku bapakku, dari Bâdil dari Syahr ibn Husab dari Asma’, beliau berkata:”Lengan baju nabi adalah sampai ke pergelangan tangannya.”

sumber :

The Last Commando II 3.0 Apk + Mod for android