Perikanan

Teori Strukturalis

Teori Strukturalis

Menurut Adwin, study mengenai inflasi di Negara-negara berkembang menunujukkan bahwa inflasi bukan merupakan fenomena moneter, tetapi merupakan fenomena structural atau cost push inflation. Fenomena yang dimaksud adalah fenomena structural yang disebabkan oleh kesenjangan atau kendala structural dalam perekonomian di Negara berkembang, sering disebut juga structural bottlenecks. Structural bottleneck terjadi dalam tiga hal, yaitu:

  1. Supply dari sector pertanian (pangan) tidak elastic. Ini dikarenakan pengelolaan dan pengerjaan di sector pertanian yang masih menggunakan metode dan teknologi yang sederhana, sehingga sector pertanian domestic tidak mampu pertumbuhan permintaannya.
  2. Cadangan valuta asing yang terbatas akibat dari pendapatan ekspor yang lebih kecil daripada pembiayaan impor. Akibat dari keterbatasan ini menyebabkan kemampuan untuk mengimpor barang bahan baku maupun barang modal yang sangat diperlukan untuk pembangunan sektor industry  menjadi terbatas.
  3. Pengeluaran pemerintah terbatas. Hal ini disebabkan oleh sector penerimaan rutin yang terbatas, sehingga tidak cukup untuk membiayai pembangunan, dan sebagai akibatnya timbul defisit anggaran belanja. Akibat dari keterbatasan ini pemerintah memerlukan pinjaman dari luar negeri.

Kaum strukturalis berpendapat, bahwa selain harga komoditi pangan, penyebab utama terjadinya inflasi di Negara-negara berkembang adalah akibat inflasi dari luar negeri. Hal ini disebabkan antara lain oleh harga barang-barang import yang meningkat di daerah asalnya.

Menurut kesimpulan dari penelitian M.N. Dala dan G. Shachter (1988), bila kontribusi impor terhadap pembentukan output domestic besar, maka kenaikan harga barang akan menyebabkan tekanan inflasi di dalam negeri yang cukup besar. Selain itu, semakin rendah derajat kompetisi yang dimiliki oleh barang impor terhadap produk dalam negeri, akan semakin besar pula dampak perubahan harga barangimpor tersebut dalam inflasi domestik.

 

sumber :

https://9033700kg.com/combat-squad-apk/