Tim mobil listrik UNY wakili Indonesia ke Korea

Tim mobil listrik UNY wakili Indonesia ke Korea

Tim mobil listrik UNY wakili Indonesia ke Korea

Tim mobil listrik UNY wakili Indonesia ke Korea
Tim mobil listrik UNY wakili Indonesia ke Korea

Tim mobil listrik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang diberi nama Garuda UNY

akan mewakili Indonesia di ajang International student green car competition di Seoul south of Korea 24-25 Mei 2013.

Garuda UNY ini beranggotakan 20 mahasiswa semester lima dan tujuh lintas fakultas di kampus tersebut.

Menurut koordinator mekanik dan kelistrikan tim Garuda UNY Brilian Prasetyo, tim tersebut merupakan tim pilihan yang anggotanya diseleksi dari tim-tim mobil listrik yang sudah ada.

Sehingga anggotanya lintas fakultas antara lain, Fakultas Teknik, FMIPA dan FIP

. Tim Garuda UNY dibimbing oleh Dosen Fakultas Teknik, Zaenal Arifin.

“Kita sudah melakukan persiapan selama dua bulan ini dan sudah 40 persen terselesaikan,” terang Brilian di UNY, Jumat (1/3/2013).

Menurutnya, ajang ini merupakan event pertama yang diikuti UNY di ajang mobil listrik internasional. Karenanya, terpilihnya UNY mewakili Indonesia menjadi kebanggaan tersendiri. Mobil listrik yang dirancang UNY sendiri adalah mobil formula I.

Mobil listrik rancangan tim UNY tersebut juga telah dipamerkan dan diujicoba oleh Rektor UNY

Rochmat Wahab di lintasan atletik kampus tersebut, Jumat kemarin. Uji coba tersebut juga menandai pembukaan rangkaian kegiatan dies natalis UNY ke 49 di 2013 ini.

Dikatakan Brilian, mobil listrik yang akan dibawa ke Korea tersebut 80 persen menggunakan bahan lokal dan 20 persennya impor. “Yang impor lebih pada sistem elektronika dan kelistrikan. Dan ini juga untuk efisiensi karena harganya justru lebih murah meski impor,” tambahnya.

Menurutnya, mobil listrik Formula I UNY ini jadinya nanti panjangnya mencapai 180 centimeter, lebar 110 centimeter, tinggi 70 centimeter. Beratnya sendiri mencapai 170 kilo tanpa pengemudi.

Meski baru pertama mengikuti ajang internasional, namun tim UNY berharap mendapat apresiasi positif dari luar negeri terkait hal tersebut. “Untuk tahun depan kita baru mentargetkan juara,” tambahnya.

 

Sumber :

http://sitialfiah.blogs.uny.ac.id/jelaskan-struktur-kulit/