Tips Agar Hasil Setrikaan Selalu Sempurna

Tips Agar Hasil Setrikaan Selalu Sempurna

Tips Agar Hasil Setrikaan Selalu Sempurna

Tips Agar Hasil Setrikaan Selalu Sempurna
Tips Agar Hasil Setrikaan Selalu Sempurna

 

Salah satu cara untuk tampil percaya diri adalah dengan tampil memakai pakaian yang rapi. Untuk mendapatkan pakaian yang rapi, solusi terbaik bagi Sobat Shopee adalah menyetrikanya agar kerutan-kerutan hilang dan permukaan baju tampak mulus.

Meskipun terdengar sederhana, menyetrika bukanlah pekerjaan yang sederhana, karena salah-salah setrika bisa mala merusak baju, bukan membuatnya rapi. Untuk mencegah hal buruk terjadi saat menyetrika, Sobat Shopee perlu simak 5 tips menyetrika berikut ini, agar hasil setrika baik dan baju tak rusak.

 

GUNAKAN ALAS SETRIKA YANG BAIK

Alas yang digunakan untuk menyetrika berpengaruh kerapihan pakaian. Disrankan untuk menggunakan alas setrika dengan permukaan rata agar baju yang disetrika tetap rapi. Menyetrika dengan alas yang tidak rata justru akan membuat pakaian berlekuk dan sebabkan munculnya garis setrikaan yang seharusnya tidak ada.

Perhatikan juga tekstur dari alas yang digunakan untuk menyetrika karena alas dengan tekstur yang kasar dapat merusak baju, terutama yang berbahan lembut. Sebaiknya memilih alas dengan tekstur yang halus.

 

SETRIKA PAKAIAN YANG PERLU SUHU RENDAH TERLEBIH DAHULU

Sama seperti mencuci, sebaiknya sortir pakaian terlebih dahulu sebelum disetrika. Bedanya kalau nyuci dipisah berdasarkan warna bajunya, untuk setrika sortir baju berdasarkan bahannya. Baju yang setrikaannya tidak perlu suhu tinggi seperti sutra atau polyester sebaiknya disetrika terlebih dahulu, dilanjut dengan baju berbahan katun, dan diakhiri dengan baju berbahan tebal seperti denim atau wool yang perlu suhu paling tinggi untuk hilangkan kerutan.

 

GUNAKAN SEMPROTAN AIR UNTUK MELICINKAN SETRIKAAN

Pakaian yang bahannya terlalu kering, seperti katun atau flanel, kadang sulit disetrika karena membuat setrikaan keset. Untuk mencegah setrikaan keset, sediakan semprotan air untuk disemprot pada permukaan baju agar setrikaan lebih lancar meluncur diatas baju. Selain air semprotan bisa ditambahkan pewangi kesukaan Sobat Shopee agar hasil setrikaan juga wangi.

 

JANGAN BIARKAN SETRIKAAN PANAS MENEMPEL TERLALU LAMA

Setrika yang sudah panas akan lebih mudah menghilangkan kusut pada pakaian, jadi tidak perlu menempelkannya terlalu lama pada pakaian. Jangan pernah sobat shopee meninggalkan setrikaan panas menempel terlalu lama pada baju, kecuali memang ingin ada cap berbentuk setrikaan pada bajunya.

 

PERHATIKAN KEBERSIHAN BAJU YANG DISETRIKA

Tak jarang setelah mencuci baju ada serat-serat halus yang menempel pada baju. Sangat disarankan untuk menghilangkan serat-serat ini dengan sikat halus sebelum menyetrika baju. Selain merusak tampilan baju, serat-serat ini bisa merusak bahan baju saat disetrika karena suhu setrikaan tak akan rata kena bahan baju. Tak hanya itu, jika serat yang menempel dari sutra, serat tersebut bisa meleleh dan melekat pada setrikaan maupun baju dan merusak kedua-duanya.

 

Dengan menerapkan 5 tips menyetrika diatas, semoga Sobat Shopee terhindar dari masalah yang terjadi saat menyetrika. Sekarang saatnya kamu tampil percaya diri dengan pakaian yang mengkilap dan rapi.

Baca Juga :